Akhiri Jum'at Salam di Pulau Sumbawa, Pj Gubernur NTB Lakukan Pemantauan Bendungan Beringin Sila


Sumbawa, Media NTB - Sebagai kunjungan terakhir pada kegiatan Jum'at Salam, Pj. Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi meninjau Bendungan Beringin Sila yang terletak di Desa Motong, Kecamatan Utan Kabupaten Sumbawa, pada Sabtu (4/11/23).


Pemantauan tersebut untuk memastikan persediaan air di Beringin Sila stabil, Pj. Gubernur berkeliling bendungan sembari berbincang dengan kepala BWS dan beberapa petugas yang berjaga. Bendungan Beringin Sila adalah bendungan yang ke -34 yang telah diresmikan presiden Joko Widodo sejak 8 tahun yang lalu.

 
Miq Gita, sapaan akrab Pj Gubernur juga mengatakan, bendungan Beringin Sila ini menjadi salah satu penopang yang pengairan persawahan, sehingga menjadikan NTB sebagai lumbung pangan nasional.


"Adanya infrastruktur seperti ini, memastikan bahwa kita adalah daerah dengan status lumbung pangan nasional," ungkapnya.


Selain itu, Beringin Sila juga akan dijadikan sebagai penopang ekonomi masyarakat sekitar, dengan menghidupkan area rekreasi, umkm dan lainnya, yang mendatangkan pundi-pundi rupiah untuk masyarakat.


"Kita berkomitmen agar Bendungan ini menjadi salah satu tempat, yang mana masyarakat dapat mendapatkan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar," tuturnya.


Ditambahkan Miq Gita, Pemerintah provinsi dalam waktu dekat akan melakukan penanaman pohon di bukit-bukit sekitar bendungan Beringin Sila, agar bendungan ini dapat memiliki umur panjang, dan memiliki debit air stabil karena ditopang oleh pepohonan yang akan membantu bendungan ini menyimpan air secara alami.


Sehingga diharapkan kedepannya agar bendungan ini terus terpelihara dengan baik, sehingga bendungan ini dapat mendatangkan berkah terus menerus untuk masyarakat.(san)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.