Jumat Salam di Sumbawa, Kadispora NTB: Pemuda Berpotensi Memajukan Kesejahteraan Desa


Sumbawa, Media NTB - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB didampingi Kepala Bidang PDS Kepemudaan bersama Pejabat Fungsional bidang Sarpras Dispora NTB mengunjungi Desa Binaan Program Jumat Salam, Desa Pungka, Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa.



Bertempat di Aula Kantor Desa Pungka, kegiatan Jumat Salam dihadiri oleh Kepala Bidang Pemuda Disporpar Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Desa Pungka, BPD, Babinsa, Babinkantibmas, Ketua Penggerak PKK, Kepala Dusun, RT dan RW setempat.


Agenda Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan (Jumat Salam) ini merupakan agenda silaturahmi untuk menyerap berbagai aspirasi masyarakat yang kemudian akan diberikan berbagai solusi terkait permasalahan yang ada.


Dalam silaturahmi ini terdapat beberapa poin yang menjadi pokok bahasan diantaranya :

1. Desa Pungka memiliki bendungan yang dapat dikelola menjadi destinasi wisata. Namun hal tersebut tertunda dikarenakan anggaran yang diperuntukkan  dialihkan untuk penanganan covid.

2. Sarana prasarana lapangan olahraga yang dimiliki seluas 45,46 are namun pembiayaannya masih secara mencicil.

3. Penanganan sampah yang masih belum optimal.


Desa Pungka merupakan desa dengan jumlah penduduk sebanyak 1990 orang yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan peternak. Hal tersebut dapat terlihat ketika Tim Dispora NTB melihat pemandangan sawah, perkebunan hingga peternakan yang cukup menyejukkan mata ketika menuju desa Pungka.


Dari penyampaian aspirasi oleh masyarakat dan melihat kondisi dari Desa Pungka banyak sekali potensi yang dapat dikembangkan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat.


Seperti halnya yang dikatakan oleh Sekretaris Desa Pungka bahwa Pemuda setempat sangat berpotensi dan berperan aktif baik dalam bidang olahraga maupun yang lainnya.


Sejalan dengan hal tersebut Kepala Bidang Pemuda Disporpar Kabupaten Sumbawa mengatakan bahwa pemuda harus berperan aktif melihat potensi yang ada. Dengan penduduk yang dominan bermata pencaharian sebagai petani dan peternak maka pemuda harus berpikir kreatif. Beliau berharap pemuda di desa Pungka dapat membuat aplikasi maupun memanfaatkan teknologi yang ada agar potensi jual beli produk hasil masyarakat desa Pungka dapat dikenal dan dipasarkan kewilayah yang lebih luas.


Kadispora NTB mengatakan bahwa Pemuda yang ada di Kabupaten Sumbawa sangat luar biasa. Buktinya pada tahun 2023 ini Pemuda yang ada di Kabupaten Sumbawa meraih Juara 1 dan 3 pada event Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi. Maka tidak dapat dipungkiri Pemuda yang ada di desa Pungka pun memiliki Pemuda yang luar biasa. Kadispora NTB berharap pemuda harus melihat peluang yang ada dan turut serta berperan aktif untuk kemajuan desa Pungka.


Dengan melihat potensi wisata yang ada yaitu bendungan pada desa Pungka. Kadispora NTB berharap agar pemuda dapat terlibat dalam pembangunan wisata tersebut. Pemuda harus diberdayakan karena pemuda adalah pilar utama pembangunan untuk mewujudkan perubahan positif dalam masyarakat dan ekonomi dengan membawa energi dan kreatvitas serta inovasi yang sangat dibutuhkan.


Terkait permasalahan sampah yang belum optimal memang merupakan permasalahan umum bagi banyak daerah. Namun Kadispora NTB akan berusaha berkomunikasi dengan LHK dan Pimpinan setempat untuk menangani permasalahan yang ada.


Sekretaris Desa Pungka bersama masyarakat setempat mengucapkan terimakasih. Dengan adanya program Jumat Salam yang dicanangkan oleh Penjabat Gubernur NTB ini, desa Pungka dapat menyuarakan aspirasi, saran dan masukan untuk kemajuan desanya. Beliau berharap kunjungan ini bukan merupakan kunjungan terakhir dan akan berlanjut seterusnya.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.