Wakili PJ Gubernur, Staf Ahli Gubernur: Keterbukaan Informasi Adalah Satu Pilar Demokrasi


Mataram, Media NTB - Pejabat sementara (PJ) Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), diwakili oleh Staf ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Politik, Hukum, dan Pelayanan Publik, Yusron Hadi, S.T., MUM menyampaikan pentingnya keterbukaan informasi sebagai satu pilar fundamental dalam sistem demokrasi, pada acara Anugerah keterbukaan informasi publik dan desa gemilang informasi publik Provinsi NTB. Berlangsung di Lombok Raya Hotel, Kamis, (14/12).



Dalam pidato sambutanya, Sahli yang biasa di panggil Pak Yusron menegaskan bahwa keterbukaan informasi memiliki peran sentral dalam mendukung transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi masyarakat. Secara konstitusi menjamin setiap orang untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhannya karena setiap badan publik yang dibina oleh negara berkewajiban untuk membuka diri kepada masyarakat.


"Keterbukaan informasi bukan hanya hak masyarakat untuk mengetahui, tetapi juga suatu kewajiban pemerintah untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap informasi publik," ujarnya.


Ia menyoroti peran media massa sebagai mitra penting dalam mengampanyekan keterbukaan informasi, yang telah menjadi prinsip moral tertuang di dalam  UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik  yang memiliki  2 Azaz penting yang harus diperhatikan, bahwa setiap informasi publik bersifat terbuka, dan dapat diakses oleh publik dan informasi yang terkecuali kan bersifat ketat dan terbatas.


"Media memiliki peran strategis dalam membawa informasi kepada masyarakat. Dan itu telah tertuang di dalam UU Nomor 14 Tahun 2008”.  Jelasnya.


Dikatakan Sahli Yusron bahwa Keterbukaan akan mendorong badan publik bekerja dengan profesional dan akuntabel. NTB juga dalam isu keterbukaan informasi sudah cukup bagus,  
dalam penyesuaian  indek keterbukaan informasi publik  Nasional Provinsi NTB berada pada urutan 4 besar dan posisi NTB di masa gang akan datang terus lebih baik.  


“Keterbukaan akan mendorong badan publik bekerja dengan profesional dan akuntabel”. Sambungnya.


Sahli Yusron juga menyampaikan ucapan Terimakasih dan apresiasi kepada seluruh perangkat daerah Provinsi NTB dan lembaga pelayanan publik lainnya menjadi bukti bahwa lembaga-lembaga tersebut telah memenuhi keterbukaan informasi dan meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dengan baik.


“Atas nama pemerintah  Provinsi NTB mengucapkan Terimakasih dan apresiasi kepada seluruh lembaga pelayanan publi”. Ucapnya.


Sahli Yusron juga menyarankan kepada seluruh badan publik agar kedepan terus memperbaiki diri dan target yang harus di tetapkan tidak hanya sekedar membuka akses kepada masyarakat tetapi juga memberi kualitas konten yang di sajikan lebih terbuka.


“Saya menyarankan kepada seluruh badan publik agar kedepan terus memperbaiki diri dan target yang harus di tetapkan”. Jelasnya.


Terakhir menutup sambutanya Sahli sampaikan Terimakasih kepada Komisi Informasi Provinsi  NTB yang telah bekerja keras dalam meningkatkan kapasitas dan peran badan publik agar lebih proaktif dalam memberikan pelayanan informasi publik kepada masyarakat.


“Terimakasih kepada KI Provinsi NTB atas kerja kerasnya dalam bekerja dan meningkatkan kapasitas dan peran badan publik”. Tutupnya.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.