Lestarikan Sepeda Tua, Santri PonPes Darul Atqia Dirikan Sapuq Pepadu


Lombok Tengah, Media NTB - Santri Pesantren Darul Atqia Pecinta Sepeda Djadul (SAPUQ PEPADU) menggelar Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus, Jum'at (29/03/2024) bertempat di Aula Pondok Pesantren Darul Atqia Lombok, Dusun Embung Duduk, Desa Labulia, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah.



Kegiatan Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus SAPUQ PEPADU diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an dilanjutkan pembukaan dengan bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Pondok Pesantren Darul Atqia dan Mars Komunitas Sepeda Tua Indonesia (KOSTI).


Usai menyanyikan Indonesia Raya dan Mars acara dilanjutkan dengan pembacaan teks Deklarasi Berdirinya Club Onthel SAPUQ PEPADU yang dibacakan oleh ketua serta diikuti pengurus dan dilanjutkan pengukuhan pengurus SAPUQ PEPADU yang dikukuhkan langsung oleh Ketua KOSTI NTB.


Acara tersebut juga dirangkai dengan kegiatan buka puasa bersama seluruh santri-santriwati Pondok Pesantren Darul Atqia Lombok.


Hadir dalam Deklarasi dan Pengukuhan tersebut Ketua KOSTI NTB Agus Cahyono, S.H., M.M, I Gede Tirta Sekretaris KOSTI NTB, I Nengah Renes (Mangku) Ketua Brigade Onthel Mandalika (BOM) Praya bersama jajaran pengurus BOM, H. Isror Ketua Club' Sepeda Onthel GASELLO Lombok Barat, perwakilan dari Komunitas Onthel Mataram (KOMA) dan perwakilan dari Garda Onthel Lombok (GAOL) Mataram.


M. Sukran Ketua SAPUQ PEPADU dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dari Pengurus KOSTI NTB, Teman-teman onthelis Se-NTB yang selalu membantu kami baik berupa donasi sepeda maupun donasi uang, juga teman-teman BOM Praya yang telah hadir ke acara ini dengan Ngonthel dari Praya hingga Pondok Pesantren Darul Atqia, Kesemua dukungan tersebut menjadi penyemangat kami dalam membesarkan club onthel SAPUQ PEPADU serta semangat untuk membumikan onthel di NTB.

 
"Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Club Sepeda Onthel dari Kota Mataram, Kab. Lombok Barat dan Kab. Lombok Tengah yang telah mendukung dan memeriahkan acara ini, Deklarasi SAPUQ PEPADU ini bertujuan untuk melestarikan sepeda tua dikalangan santri, kami pengurus SAPUQ PEPADU terus meminta dukungan, nasehat dan bimbingan dari KOSTI NTB dan club sepeda onthel di NTB agar kami bisa terus bersemangat dalam bersepeda dan menjalankan roda organisasi kedepannya" Ujarnya.


Lebih lanjut M. Sukran menjelaskan kedepan kami bersama pengurus akan mempersiapkan beberapa program kegiatan baik berupa kegiatan sosial maupun kegiatan lainnya sehingga eksistensi club sepeda onthel dikalangan santri semakin bertambah.


Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan 20 Al Qur'an bantuan dari salah satu onthelis serta penyerahan 12 sepeda jengki dan onthel dari 10 donatur yang penyerahannya diwakili oleh Bapak H. Isror serta bantuan berupa uang dari Bapak Agus Cahyono Ketua KOSTI NTB untuk membantu kegiatan acara Nuzulul Qur'an dan kegiatan SAPUQ PEPADU.


Agus Cahyono, S.H., M.M Ketua KOSTI NTB dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi atas Deklarasi dan Pengukuhan Pengurus SAPUQ PEPADU Kab. Lombok Tengah.


"SAPUQ PEPADU merupakan satu-satunya club sepeda onthel di NTB yang berasal dari kalangan santri dan saya sangat berterima kasih atas dukungan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Atqia Lombok TGH. Supardi Ramli, S.Pd.I., M.H yang telah mensupport santri-santrinya untuk melestarikan sepeda onthel dan menggalakkan berolahraga bersepeda" Terang Agus Cahyono.


"Saya berharap kedepan Pondok Pesantren Darul Atqia Lombok khususnya  SAPUQ PEPADU bisa mencontoh Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Kec. Kraksan Kab. Probolinggo, Jawa Timur yang setiap tahun bisa menggelar acara ngonthel di Pondok Pesantren tingkat Nasional, minimal Pondok Pesantren Darul Atqia Lombok bisa menggelar kegiatan tingkat regional Se-Lombok, sekali lagi kami bangga dengan berdirinya SAPUQ PEPADU yang didominasi anak-anak muda sehingga onthel saat ini tidak hanya digemari oleh orang tua saja tetapi anak muda juga sudah banyak yang menggemari" Imbuhnya.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.