Header Ads

Rayakan Hari Jadi Bima ke-376, Pemkab Bima Gelar Pawai Budaya

Samada Pos, Kabupaten Bima - Memasuki usia yang ke-376 tahun ini, tepatnya tanggal 5 Juli 2016. Pemerintah kabupaten Bima kembali merayakan moment bersejarah tersebut dengan berbagai kegiatan salah satu yang meriah adalah pawai budaya. 

Pantauan wartawan di lapangan, perayaan hari jadi Bima di tahun pertama kepemimpinan bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dan Wakil Bupati Drs Dahlan M Noer M.Pd adalah perayaan yang lebih meriah dari tahun sebelumnya. 

Salah satu nilai tambahnya adalah dengan adanya kegiatan pawai budaya yang menggelora, kegiatan ini dilakukan di jalan lintas Talabiu – Tente, mulai dari pasar Tente hingga perempatan cabang Talabiu kecamatan Woha, kabupaten Bima pada Rabu (20/07) pekan lalu. 

Pawai budaya sangat tersebut berlangsung meriah, beragam baju adat dikenakan puluhan ribu peserta. Mulai dari masyarakat berbagai desa, pegawai pemerintahan hingga pegawai swasta di Kabupaten Bima. Tak juga luput beberapa kelompok paguyuban, seperti suku Bali, Jawa, Lombok, NTT, dan etnis Tionghoa, turut memeriahkan pawai budaya hari jadi Bima ke-376 tersebut. 

Dengan beragam busana adat daerah, peserta berjalan berbaris rapi. Masing-masing diiringin musik tradisional daerah. Termasuk peserta dari TNI dan Polri mengenakan busana kebesaran mereka juga turut memeriahkan acara yang sangat ditunggu tunggu oleh warga kabupaten Bima tersebut. 


Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri didampingi Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer M.Pd, Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi Dr H Anwar H Usman SH.MH, Sekda Bima Drs HM Taufik HAK, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Bima, Wakapolres Bima Kabupaten, Dandim 1608 Bima, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Bima dan keluarga Istana Bima, lebih awal sudah berada dipanggung penyambutan peserta pawai budaya. Hadir pula mantan Bupati Bima di era orde baru (Orba) yaitu Adi Harianto dan Zainul Arifin. 
 Walaupun ditengah cuaca yang tak bersahabat, namun antusias masyarakat dalam mengikuti pawai budaya dan ribuan penonton yang hadir, hal tersebut terlihat dari pancaran wajah mereka selama kegiatan berlangsung yang berseri-seri.
Usai kegiatan pawai berlangsung, panitia penyelenggara melaksanakan undian berhadian. Tentunya, hadiah yang disediakan cukup banyak dan berfariasi. Mulai dari jenis sepeda motor hingga dalam bentuk hand phone. Selain dari pemerintah daerah, hadiah tersebut juga bersumber dari BUMN, BUMD dan donatur lainnya. Acara yang menyita perhatian ribuan masyarakat kabupaten Bima ini berlangsung aman terkendali, hal tersebut berkat kesigapan dari aparat keamanan (Polri/TNI) bersama petugas  Dishubkominfo bersama Sat Pol PP Kabupaten Bima yang melakukan pengamanan, terutama penertiban arus lalulintas serta menertibkan warga disepanjang jalur yang dilewati para peserta.(SP.01/ADVT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.