Serahkan Bantuan Pertanian, Bupati Bima Titip Harapan Buat Dinas dan Poktan





Samada Pos, Kabupaten Bima Ratusan kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Bima menerima berbagai jenis peralatan pendukung pertanian pra dan pasca panen dari pemerintah. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri (IDP) di halaman Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dispertapa), Selasa (26/07) pagi menjelang siang waktu setempat.

Dae Dinda, sapaan akarab bupati Bima, berharap kepada penerima agar bantuan yang diserahkan pemerintah kepada Poktan dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil pertanian. Karena tidak semua petani dapat mendapatkan bantuan tersebut, hanya kelompok yang beruntung yang memperolehnya.

“Karena itu bagi penerima bantuan jangan hanya datang setor muka saja, dikemudian hari barang yang diperbantukan ini hilang tanpa bekas,” kata Dae Dinda mengingatkan Poktan saat serah terima bantuan di halaman Dispertapa kabupaten Bima.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima ini juga mengingatkan agar penerima bantuan tidak menjual atau menghilangkan barang yang diberikan pemerintah. Karena kelak akan dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat. Seluruh fisik bantuan tersebut akan dicek oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Jadi hati-hatilah sebab BPK tidak akan toleransi, sesuai hasil temuan sebelumnya. BPK akan mencari kemanapun kita melangkah, kemanapun kita sembunyi,” ingatnya.

Ditegaskannya pula bahwa bantuan alat pertanian bukan ajang memperkaya diri, menerima bantuan untuk dijual, namun haruslah digunakan sebaik baiknya untuk peningkatan hasil produksi pertanian masing masing kelompok penerima bantuan.

Politisi Golkar ini juga mengingatkan Dispertapa agar mengecek dan teliti terhadap setiap Poktan yang mengajukan permohonan. Karena segala bantuan yang diserahkan kepada masyarakat termasuk yang bersumber dari dana aspirasi DPR akan menjadi tanggungjawab dinas setempat dan Pemerintah Kabupaten Bima.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dispertapa Kabupaten Bima, Ir Muhammad Tayeb menyebutkan, pada tahun 2016 ada 299 Poktan yang memperoleh bantuan dari pemerintah peralatan panen dan pasca panen. Rinciannya,  209 peralatan yang terdiri dari perontok padi kecil (combine harverster) sebanyak 10 unit, combine harverster sedang sebanyak 18 unit, pengering jagung (corn harvester) 18 unit, penggulung jagung (corn seller) sebanyak 60 unit, power thereser multiguna sebanyak 205 unit dan sarana pengakungt tiga roda sebanyak empat unit.

Tayeb juga menjelaskan, sebelum penyerahan bantuan tersebut Dispertapa telah menyerahkan bantuan 95 unit hand tracktor yang bersumber dari anggaran aspirasi DPR RI kepada petani. Selain itu, pemerintah telah membagikan ratusan peralatan pendukung program holtikultura khusus bawang merah berupa 122 unit hand tractor, 475 unit ponpa iar, peralatan hand prayer sebanyak 736 unit,  sedangkan untuk petani bawang putih mendapatkan 40 hand tracktor. Untuk petani cabe sebanyak delapan unit an bantuan plastik mulia sebanyak 484.(SP.01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.