Header Ads

Ayo ke Telaga Goa Rangko, Telaga Tempat Bidadari Mandi

Wisata, samadapos.com - Goa Rangko adalah sebuah Goa gamping yang berbentuk rongga atau ruang bawah tanah dengan diameter lebih kurang 10 meter, kedalaman goa berkisar dari 3 - 10 meter, dengan pintu masuk berupa lobang se lebar lebih kurang 1,5 meter yang merupakan hasil dari runtuhan dinding goa. Di bagian atap goa banyak dijumpai stalagtit yang indah dan runcing-runcing, sedangakan di dasar goa bagian tengah ditemukan stalagmit-stalagmit yang berdiri tegak dan kokokh bagaikan pilar yang tegar. 

Yang paling menarik dari Goa ini adalah, adanya air di dasar goa yang membentuk sebuah sumur atau telaga kecil dengan diameter lebih kurang 6 meter dan kedalaman lebih dari 3 meter. Air dalam goa ini berupa air asin yang sangat jernih dan hangat, diperkirakan dasar goa berhubungan langsung dengan laut.

Telaga ini sangat indah dan jernih, bagaikan telaga tempat mandi nya para bidadari yang turun dari kayangan seperti dalam dongeng-dongeng. Kita bisa berfoto-foto dengan asyik di tempat ini, bahkan mandi dan berenang berputar-putar sampai lupa waktu. Ya.... walaupun dengan sedikit rasa was-was, kalau-kalau sewaktu-waktu muncul sesuatu yang aneh dari dasar atau tebing-tebing goa. Tapi itu hanya perasaan saja sih,, kenyataan nya setelah kita berenang sekian lama, keadaan tetap aman.


Waktu terbaik untuk datang di goa ini adalah pada sore hari atau setelah jam 14.00, karena mulut goa menghadap ke barat. Pada saat sore hari sinar matahari bisa langsung menyinari bagian dalam goa menembusi pintu goa yang hanya selebar 1,5 meter. Pada saat sinar matahari menyinari dasar goa, maka air laut yang ada dalam goa dapat memantulkan cahaya sehingga menyinari seluruh ruangan goa, dan air di telaga akan kelihatan lebih jernih, berwarna hijau sampai kebiru-biruan, bahkan sinar matahari bisa tembus sampai ke bagian dasar goa yang lebih dangkal. 

Telaga goa Rangko merupakan salah satu spot yang sangat recomended untuk didatangi. Untuk sampai ke lokasi ini tidaklah terlalu sulit. Kita bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dari Kota Labuan Bajo sekitar 30 menit ke arah utara menuju sebuah desa kecil yaitu Desa Rangko. Desa Rangko adalah sebuah desa nelayan yang terletak di pesisir utara Labuan Bajo. Sesampai nya di Desa Rangko kita akan disambut denga ramah oleh penduduk desa. Desa yang damai, dengan pantai yang indah dan bersih, terdapat sebuah dermaga kecil. Dari atas dermaga ini kita juga bisa menikmati jernih nya air laut dengan karang-karang yang indah serta ikan-ikan yang berenang ke sana kemari. Kita juga bisa mandi dan berenang di dermaga ini.
 

Dari Dermaga Desa Rangko ini, kita akan diarahan dan diantar oleh warga untuk naik motorboat menuju Goa Rangko. Kita bisa nyarter boat di sini dengan harga sekitar Rp. 300.000 pulang pergi atau kadang-kadang dihitung Rp. 50.000/orang pulang pergi. Waktu tempuh hanya sekitar 10-15 menit.


So.... ayo guyss berkunjung ke sini,,, kurang afdol rasanya ke Labuan Bajo kalau belum ke Telaga Goa Rangko, Terutama bagi para penikmat Goa. Info lebih lanjut tentang objek wisata sekitar Bima dan Flores dapat menghubungi komunitas Adventure Zone Bima di No. HP; 085228078894 (Masykur Romeo)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.