Header Ads

Bappenas Dukung Penguatan Kapasitas Perencanaan Kabupaten Bima

Assesment Kebutuhan Pengelolaan Air Bersia oleh Warga Desa Sari kecamatan Sape Kabupaten Bima
Samada Pos, Kabupaten Bima - Pertemuan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dengan Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan, BAPPENAS Erwin Dimas Kamis (4/8) selain memperkuat dukungan Bappenas bagi keberlanjutan pengelolaan BUMDEs di Kabupaten Bima juga menjadi momen penting untuk menegaskan dukungan Instansi perencanaan tingkat nasional ini bagi penguatan kapasitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Bima.
         

Di hadapan Bupati Bima yang hadir  bersama  Kepala Bidang Perencanaan Pembangunan Sosial dan Budaya Bappeda Kabupaten Bima Amar Ma'ruf SH, Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Erwin mengatakan untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Bima, Bappenas akan menggandeng lembaga kerjasama  Japan International Cooperation Agency (JICA). Sebagai tindak lanjut kerjasama dengan JICA , Erwin menambahkan pada Minggu II bulan Agustus akan dilakukan pembahasan implementasi program di Bappenas.
            

Dalam kerangka dukungan ini , kata Erwin  diharapkan akan ada peningkatan kualitas perencanaan dan penganggaran antara pemerintah pusat dan daerah. Terutama dalam penerapan pendekatan "money follow program". 
            

Berkaitan dengan kerjasama yang dikembangkan ini, juga akan dilakukan sharing informasi tentang substansi perencanaan antara pusat dan daerah. Kerjasama  teknis JICA ini akan mencakup  implementasi anggaran berbasis kinerja". Kata Erwin.
           
Menanggapi Direktur Pendanaan Bappenas ini, Bupati Bima memberikan apresiasi atas dukungan bagi perbaikan kualitas perencanaan dan menjadikan Kabupaten Bima sebagai salah satu proyek percontohan (pilot project) pengelolaan BUMDes serta fasilitasi peningkatan kapasitas melalui JICA.  


"Ini merupakan langkah positif dan  salah satu bentuk kepercayaan Pemerintah Pusat terhadap peningkatan kulitas perencanaan di Kabupaten Bima.


Bupati mengatakan, pemerintah Daerah sangat mendukung kegiatan replikasi dan penguatan BUMDes sebagai unit pengelola air minum khususnya di Desa Sari. "Kami berharap desa-desa lainnya juga mendapatkan dukungan yang sama dari Bappenas sesuai dengan kondisi dan potensi masing-masing desa . 
      

Sehubungan dengan rencana kunjungan pihak Bappenas di Kabupaten Bima, "ini merupakan momentum yang baik untuk mendiskusikan berbagai hal terutama beragam program prioritas pembangunan terutama yang bersentuhan langsung dengan peningkatan layanan dasar". Kata Bupati.(SP.01/Hum)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.