Wabup Bima Ajak Masyarakat Wujudkan Gemarikan



Bima, MediaNTB.com - Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima kembali menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dan Peningkatan Kosumsi Ikan (Forikan) kabupaten Bima Sabtu (26/11/2016) di Gedung Serbaguna Dena Madapangga.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan ini merupakan salah satu komitmen pemerintah, baik di tingkat Pusat, Provinsi maupun daerah melalui asupan nutrisi bagi anak – anak dan ibu hamil, sehingga kedepan anak – anak akan cerdas dan mendapatkan protein dalam menunjang pertumbuhannya.

Wakil Bupati Bima  Dahlan M.Noer yang didampingi Anggota DPRD Kabupaten Bima dapil I  Azhar, SE (F – Golkar),   Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima Drs. Abdul Wahab dan Ketua TP. PKK Kabupaten Bima  Ny. Rostiati Dahlan, S.Pd, Camat Madapangga H. Muhamadin, S.Sos dan para prjabat teras lingkup Pemkab. Bima dalam arahannya mengajak masyarakat dan generasi muda untuk mengkonsumsi ikan secara rutin, “kegiatan seperti ini penting agar anak usia sekolah dan generasi muda  selalu mengkonsumsi ikan.

Dihadapan Kepala sekolah, guru, para kepala UPTD serta siswa  Sekolah yang berada di  Kecamatan Madapangga, Wabup memaparkan, ikan sebagai salah satu sumber protein hewani, merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat bagi keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa protein yang terkandung dalam ikan berkualitas tinggi. “Makan ikan berarti terhindari dari penyakit seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, kanker serta dapat meningkatkan kecerdasan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas  Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma memaparkan,  kegiatan  diikuti 400 siswa  Sekolah Dasar  di kecamatan Madapangga. “melalui kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini, para orang tua memberikan asupan gizi  yang cukup bagi pertumbuhan anak. Sehingga ke depan dapat menciptakan generasi  yang sehat, kuat dan cerdas”. Tandasnya. 

Melalui konsumsi ikan secara rutin, masyarakat dan para generasi muda akan mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan. Disamping mendorong  TP.PKK Kecamatan dan para orang  agar dapat menciptakan kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh anak – anak dan keluarga.

Gerakan memasyarakatkan makan ikan ditandai  penyerahan makan tambahan anak sekolah  yang secara simbolis diberikan kepada 21 anak  oleh Wakil Bupati Bima Drs. H,Dahlan M.Noer.(M.01/H.03,01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.