Header Ads

Dilanda Banjir Bandang, Bima “Menangis”



BIMA, MediaNTB.com – Masyarakat Kota Bima dan Kabupaten Bima, Rabu (21/12/2016) sekitar pukul 15.30 wita, harus merasakan kesedihan dan penderitaan akibat bencana banjir bandang yang mengepung sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Bima setempat. Bagaimana tidak, akibat bencana tersebut ribuan rumah milik warga yang ada di beberapa kecamatan di dua daerah (Kota Bima dan Kabupaten Bima),  pun terendam oleh banjir bandang tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun wartawan ini melaporkan, kejadian tersebut berawal pada saat hujan deras yang turun mulai pukul 07.00 wita. Dimana pada saat itu, hujan deras yang mengguyur dua daerah selama beberapa jam lamanya ini, ternyata menimbulkan bencana banjir bandang yang sebelumnya datang secara tiba – tiba.

Akibat dari kejadian tersebut, ribuan rumah di dua daerah setempat terendam oleh banjir bandang yang cukup dhasyat. Tidak hanya itu, sejumlah rumah dan kendaraan roda dua dan empat pun ikut terserat oleh bencana banjir.

Masih menurut informasi, (Sumber : TBM BUMI GORA FK UNRAM/RABU 21 Desember 2016, Pukul 21.20 WITA). Adapun sejumlah Kelurahan dan Desa yang ada di Kota Bima yang menjadi korban bencana banjir bandang tersebut antara lain.

KABUPATEN BIMA : Desa Maria Kecamatan Wawo dan Desa Kambilo Kecamatan Wawo

KOTA BIMA : Penatoi, Sadia, Jatiwangi, Melayu, Pena Nae, Lewirato, Kendo, Penaraga Timur

Rabangodu selatan, Kumbe, Panggi, Waki, Kampung Sigi, Kampung Bara, Tanjung, Dara, Jatiwangi, Melayu, Kumbe, Lampe, Dodu, Sadia II, Bedi, Samporo dan Kampung Sumbawa (Lokasi kejadian di wilayah Kec. Rasanae Barat, Timur, Mpunda dan Asakot).

PEYEBAB KEJADIAN :
-       Curah hujan di Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima yang meningkat
-          Luapan air bah yang menerjang wilayah wawo ke lampe
-          Luapan air sungai Toloweri
-          Air bah Ncai Kapenta
-          Air bah Ntonggu dan Nitu
-          Gelombang pasang air laut

SIFAT YANG DITIMBULKAN :
-          Ketinggian banjir 2 meter pada hampir seluruh titik
-          5 rumah hanyut
-          25 rumah rusak berat
-          3 rumah rusak sedang
-          I unit jembatan propinsi putus
-          Jembatan terminal dara putus
-          Sejuah ini baru terdata 50 orang yang dievakuasi dan diperkirakan jumlahnya masih banyak yang belum terdata.

JUMLAH KORBAN :
-          Sejauh ini masih belum didapatkan informasi mengenai korban jiwa, tetapi terdapat beberapa orang luka ringan dan telah ditagani oleh relawan.

KONDISI AKSES JALAN MENUJU LOKASI :
-          Sejauh ini sangat buruk, jembatan runtuh dan sampai saat ini penerbangan ke Bima dari Mataram tidak dapat dilakukan karena cuaca buruk

BANTUAN YANG DIBUTUHKAN :
1.    Non Medis
-          Kebutuhan mendesak perahu karet
-          Makanan
-          Selimut
-          Tenda
-          Air bersih
-          Makanan bayi

2.    Medis
-          Obat – obatan

Masih menurut informasi, saat ini curah hujan di dua daerah (Kota Bima dan Kabupaten Bima) sudah mulai reda. Begitu juga dengan ketinggian air banjir sudah mulai menurun. Namun hingga saat ini, masyarakat Kota Bima dan Kabupaten Bima masih tetap waspada dan takut bencana banjir bandang tersebut kembali terjadi.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.