Header Ads

Sekda Bima Buka LCCK Tingkat SMP Se-Pulau Sumbawa


     
Bima, Media NTB - Sekda Kabupaten Bima Drs. HM.Taufik HAK, M.Si pada hari Minggu (9/4) bertempat di museum ASI MBojo Bima membuka secara resmi kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan Tingkat Sekolah Menengah Atas ( SMP) se – Pulau Sumbawa. Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Museum Negeri NTB beserta jajaranya, para guru dan kepala sekolah yang mendampinggi siswa / sisiwi SMP yang mengikuti lomba,serta para dewan juri yang berasal dari Museum Negeri NTB.
           
Sekda Kabupaten Bima Drs. HM.Taufik HAK, M.Si  mengatakan bahwa dengan adanya lomba Cerdas Cermat Kebudayaan ini dalam rangka memberikan pemahaman kepada peserta lomba agar dapat mewujudkan karakter bangsa, hal ini dikarenakan antara pendidikan dan pembinaan karakter bangsa memiliki andil yang besar untuk memajukan peradaban bangsa agar menjadi bangsa yang semakin terdepan dengan Sumber Daya Manusia yang berilmu, berwawasan dan berkarakter. Disamping itu dalam Pembentukan, pendidikan dan pembinaan karakter bangsa memiliki arti yang sangat luas, Hal ini dikarenakan dengan pengembangan multiaspek  potensi–potensi keunggulan bangsa dan memiliki peran yang kuat sehingga bangsa ini tidak terombang-ambing, yang salah satunya kegiatan lomba cerdas cermat kebudayaan.
           
Untuk itu saya atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Museum Negeri NTB beserta jajaranya yang memiiki gagasan maupun ide – ide dengan melaksanakan kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan tingkat SMP se – Pulau Sumbawa yang diselenggarakan di wilayah Kabupaten Bima untuk ke tiga kalinnya.
           
Dijabarkan pula bahwa pembinaan Karakter Bangsa merupakan salah satu  upaya sistematik suatu negara berkebangsaan untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan dasar  dan ideologi, konstitusi, haluan negara, serta potensi kolektifnya dalam konteks kehidupan nasional, regional, dan global yang berkeadaban untuk membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, patriotik, dinamis, berbudaya, dan berorientasi Ipteks berdasarkan Pancasila dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pembinaan karakter bangsa dilakukan melalui proses sosialisasi, pendidikan dan pembelajaran, pemberdayaan, pembudayaan, dan kerja sama  seluruh komponen bangsa dan Negara, terutama di kalangan pemuda dan pelajar, dikarenakan kedepan para pemuda dan generasi muda merupakan salah satu generasi penerus perjuangan bangsa dan Negara itu sendiri.
           
Sekda Kabupaten Bima Drs. HM. Taufik HAK, M,Si berharap melalui lomba Cerdas Cermat Kebudayaan ( LCCK) ini para generasi muda maupun para pelajar dapat mengingat sekaligus memahami sejarah dan perjuangan bangsa, sehingga dengan sendirinya akan membentuk generasi kreatif dan inovatif yang menjadi kebutuhan untuk kemajuan bangsa.

Kepala Museum Negeri NTB Drs. M.Zubair dalam pengantar dengan adanya lomba ini dalam rangka mengajak kepada peserta untuk mengingat kembali sejarah dan perjuangan bangsa guna membentuk kreaktivitas dan inovatif guna kemajuan generasi muda kita.

Adapun peserta LCCK ini terdiri dari Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa Besar, Kabupaten DOmpu, Kabupaten Bima dan Kota Bima, yang mana peserta ini berasal dari berbagai Sekolah Menengah pertama yang berada di wilayah masing – masing untuk mengikuti lomba.

Untuk Kabupaten Bima, peserta berasal dari SMPN 1 Bolo dan SMPN 1 Wawo, Untuk Kota Bima diwakili oleh SMPN 1 Kota Bima dan SMPN 4 Bima, Kabuapaten Sumbawa di wakili oleh SMPN 1 Sumbawa Besar dan SMPN 1 Alas, Kabupaten Dompu Diwakili oleh SMP 1 Dompu serta dari Kabuapten Sumbawa Besar diwakili oleh SMPN 1 Taliwang.

Para peserta lomba ini akan  pertemuan pada 2 (dua) babak, dimana babak pertama dipertemukan 4 Sekolah Menengah Pertama untuk mengambil juara 1 dan II, Pun sebaliknya akan diambil juara 1 dan II. Sehingga pada babak selanjutnya mereka ini akan dipertemukan pada LCCK tersebut.

Pada kesempatan tersebut pihak panitia pelaksana akan mengambil juara 1 dan II untuk mewakili daerah kabupaten Bima pada ajang LCCK tingkat Provinsi dimana mereka ini akan dipertemukan untuk mengikuti LCCK tingkat Provinsi selanjutnya bagi yang keluar sebagai juara 1 nantinya akan mewakili tingkat Provinsi ke ajang tingkat  nasional.

Pada lomba ini pihak panitia akan menyediakan hadiah berupa  piala bergilir.(H/M)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.