Header Ads

Sejumlah Komunitas Dompu Gelar Festival Nggahi Rawi Pahu Sepekan Pegelaran Seni dan Budaya


DOMPU, Media NTB - Dalam rangka Festival Nggahi Rawi Pahu berbagai macam Komunitas yang ada di Kabupaten Dompu yakni Gabungan Orang-Orang Angkatan 2000 (GONG 2000), Pencerah Dompu, Haju Pidu, Yayasan Pendidikan Abdi Dompu (YPAD), Mantika Rato, Nahdatul Umat (NU) Kabupaten Dompu, Ruka Wanga, Sarangge, Salaja Dompu, Masadana, Makka Dana, Guru Toi Center, Mbolo,FPPKD, DFC dan We Save  menggelar Sepekan Pagelaran Seni dan Budaya dimulai tanggal 23 sampai 26 september 2017 bertempat di Panggung Pentas Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu.



Berbagai macam Komunitas yang diketuai oleh Drs. Ir. H. Asikin Ahmad Asisten 1 Setda menggelar berbagai Pegelaran antara lain Pegelaran Seni Tari, Dance, Kareku Kandei dan Hadra Sabtu 23 September 2017 dimulai dari pukul 19.30 Wita sampai selesai, pegelaran Seni Patu dan mpa’a Biola Minggu 24 September 2017 dimulai dari pukul 19.30 Wita sampai selesai, Pegelaran Seni Bela Diri dan Gantao Senin 25 September 2017 dimulai pukul 19.30 Wita sampai selesai, dan Pegelaran Seni Lagu - lagu Daerah Selasa 26 September 2017 dimulai pukul 19.30 Wita sampai selesai



Selain dari kegiatan tersebut berbagai macam Seminar juga akan digelar dengan tema Pola Ruang Pemukiman berbasis Budaya Lokal Dompu di Kecamatan Hu’u bersama Narasumber, Syafruddin, ST.MT dan Pemangku Adat Hu’u Narasumbernya A. Malik H. Yusuf, SH dengan tema Ragam Motif Khas beserta Filosofi pada Rumah Adat dan Kebudayaan Daerah Hu’u yang bertempat di Paruga Samakai Dompu hari Kamis 28 September 2017 dan Zikir bersama dilaksanakan pada hari Jum’at 29 September 2017 yang bertempat di Gedung Pemuda (GP) dengan jenis kegiatannya Sholat Isya secara berjama’ah, Dzikir, Do’a dan di akhiri dengan Ceramah.



Maksud dan tujuan terselenggaranya Kegiatan tersebut supaya Memberi pemahaman secara Dini tentang sejarah Dompu sebagai Duta yang akan memberi pemahaman tentang Dompu, Mengenal Kesenian dan Kebudayaan yang ada di Dompu, Munculnya rasa bangga akan Kesenian dan Kebudayaan Daerah sendiri serta Mengenal hasil penelitian yang menjadi peradaban Dompu tempo dulu.



Drs. Ir. H. Asikin Ahmad Asisten 1 Ketua Umum Panita saat menyampaikan laporan Kegiatan Festifal Nggahi Rawi Pahu memberikan Apresiasi terhadap sejumlah Komunitas yang ada di Kabupaten Dompu lebih khususnya Komunitas yang tergabung dalam kegiatan tersebut “Saya secara pribadi menyatakan Apresiasi yang sangat tinggi kepada teman-teman para Komunitas Seni dan Budaya Daerah, yang peduli, mengambil insietif terhadap pengembangan Seni dan Budaya Dompu” kata Drs. Ir. H. Asikin Ahmad saat Di atas Panggung Pentas Seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Dompu.


Tidak hanya Drs. Ir. H. Asikin Ahmad Asisten 1 Ketua Umum Panita yang memberikan Apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Asisten 2 Setda H. Soehartomo. SKM.MPTM juga meberikan Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Inisiator, Panitia juga Komunitas yang tergabung dalam kegiatan itu lewat sambutannya “Saya sangat Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Inisiator dari kegiatan ini terutama kepada Ketua Umum Panitia, seluruh Panitia serta kepada seluruh Komunitas Seni yang terlibat dalam kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Dompu sangat mengahargai apa yang diselenggarakan ini, karna dengan Festifal Budaya inilah kita bisa menggali jati diri kita, dan bisa menemukan kembali siapakah kita ini, karna kalau kita meniru-niru Budaya lain apa lagi budaya asin, lama ke lamaan lupa akan terhadap diri kita sendiri”, kayanya dalam sambutan.



Lebih jauh dalam sambutannya Bahwa Bumi Nggahi Rawi Pahu terdapat banyak keindahan Alam dan tempat-tempat Pariwisata yang cukup luar biasa “Dompu ini keindahan Alamnya sudah luar biasa, kita sudah dikaruniai Pantai Lakey, kita sudah dikaruniai Gunung Tambora yang Indahnya sangat luar biasa, kita sudah dikaruniai Pulau satonda yang tidak ada duanya, kalau itu kita padukan kesenian kita dengan Budaya Masyarakat tentu akan menjadi daya tarik yang cukup luar biasa, karna para Touries manca Negara itu paling senang melihat sifat-sifat yang klasik dan tradisional, mereka sudah bosan melihat yang moderen-moderen itu”, Ungkapnya



Setelah menyapaikan sambutannya, Asisten 2 Setda H. Soehartomo. SKM.MPTM. secara resmi Membuka Kegiatan tersebut dengan ditandai Pemukulan Gong.



Ketua Umum Panitia Drs. Ir. H. Asikin Ahmad saat diwawancarai oleh Media NTB.com setelah kegiatan malam pertamanya besar harapannya Semoga Masyarakat Dompu lebih mencintai Kesenian dan Kebudayaan Daerahnya “Dengan adanya Kegiatan-kegiatan seperti ini semoga aja Masyarakat Dompu Mencintai Kesenian dan Kebudayaan Daerahnya dan seiring dengan peningkatan kesejahteraan Masyarakat di sini juga bisa berkembang dengan secara positif”, harapnya.[Poris]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.