Header Ads

SDN 49 Kota Bima Dinilai Sebagai Sekolah Sehat Tingkat NTB

Wakil Walikota Bima, H. A. Arahman H. Abidin SE Wendampingi Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi NTB

BIMA, Media NTB - Rabu 25 September 2017, SDN 49 Kota Bima dinilai oleh Tim Sekolah Sehat Tingkat Provinsi NTB. SDN 49 Kota Bima yang terletak di kelurahan Rabangodu Selatan ini mewakili Kota Bima untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi NTB. Tim Penilai diterima langsung oleh Wakil Walikota Bima H. A Rahman H Abidin, SE dengan didampingi oleh Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima dan jajaran pendidikan lingkup pemerintah Kota Bima.


Diawal acara tim mendengarkan paparan dari Kepala SDN 49 Kota Bima H Mansyur M Siddik SPd mengenai kondisi sekolah. Adapun rombongan Tim Penilai LSS Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dipimpin Athar, SIP dan 7 (tujuah) anggota lainnya yakni Drs. Abubakar MH, Taufik Qurahman MPd, Mira Wijayanti SPdi, Muhammad Hanafi SS Msy, Siti Zulaeha SKM, Baiq Ely Ervina, dan Suparman.


Dalam sambutanya Wakil Walikota Bima, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Tim Penilaian LSS Provinsi NTB yang berkunjung untuk melakukan penilaian. Diharapkannya dengan, kunjungan tim penilai hari ini ke Kota Bima, bisa menjadi sebuah dukungan terhadap usaha-usaha meningkatkan kesadaran masyarakat Kota Bima tentang perlunya menjaga kesehatan di lingkungan sekolah.


Menurutnya, SDN 49 Kota Bima salah satu SDN yang mampu bersaing dengan sekolah lainnya dan cukup diperhitungkan. Dan terpilihnya SDN 49 Kota Bima ini menjadi motivasi bagi seluruh sekolah yang ada untuk merangsang tumbuhnya kepedulian untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, sekaligus membangun kebiasaan-kebiasaan sehat di lingkungan sekolah.


“Kita sadari bahwa hal-hal seperti itu perlu dilakukan untuk menyelamatkan anak-anak dari berbagai ancaman bahaya kesehatan yang tumbuh dan berkembang di lingkungan sekolah. Kita pahami kondisi-kondisi yang berkembang saat ini terutama jajanan tidak sehat dan penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar”, papar Wawali.


Baginya, usaha secara berkesinambungan perlu dilakukan dalam mencegah hal-hal tersebut, melalui kerja sama dari seluruh elemen yang ada, diantaranya Badan POM, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Organisasi Wanita serta Para Guru. Hal ini diharapkan akan turut mewujudkan generasi muda kota bima yang sehat, berkualitas, dan berprestasi.


Lomba Sekolah Sehat tahun 2017 ini, Kota Bima diwakili oleh SDN 49 Kota Bima untuk Tingkat SD, SMPN 4 Kota Bima untuk Tingkat SMP, dan SMKN 1 Kota Bima untuk tingkat SMA. Sedangkan untuk Tim Pembina UKS yang diwakili Kecamatan Raba dan Rasanae Barat.


Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah sehat Athar S.IP dalam arahannya mengungkapkan, secara garis besar penilaian LSS sendiri mengacu pada Trias UKS.


”Jadi yang kita tekankan dalam LSS ini mengenai pedoman Trias UKS, sekolah akan kita lihat sejauhmana dalam menguasi hal pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sekolah sehat,” katanya.



Tim Penilai LSS berharap SDN 49 Kota Bima ini bisa lahir generasi-generasi emas daerah yang mampu menanamkan prinsip hidup sehat. ”Dalam penglihatan mata, secara umum SDN 49 siap dan layak, dari sisi sekolah sehatnya secara fisik oke, tetapi secara perilaku juga kita sedang dalami untuk memastikan lebih akuratnya sekolah ini benar-benar layak,” tandasnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.