Petani Diminta Jalin Komunikasi Yang Intens Dengan Penyuluh


Bima, Media NTB - Para penyuluh adalah konsultan bagi para petani. Maka segala sesuatu harus dikonsultasikan dengan para penyuluh tetutama mengenai pola tanam dan jenis tanaman yang akan ditanam. Apalagi nenghadapi anomali cuaca yang tidak menentu saat ini.


Hal itu dikatakan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri saat memberikan sambutan pada panen raya padi di So Sera Nae Tolonggeru desa Monggo kecamatan Mapadangga Senin siang 7 Maret 2018.


Disamping hal itu, Bupati Bima juga menghimbau para petani untuk tidak menanam jagung di gunung dan hutan tutupan. "Menanam  jagung boleh, tapi jangan di hutan tutupan negara. Lihatlah sejauh mata memandang, gunung sudah gundul dan tidak lagi ada pohon yang meresap air. "Kata Hj.Indah Dhamayanti Puti dihadapan Warga Tolonggeru dan para Kelompok Tani.


Peristiwa banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bima akhir akhir ini adalah disebabkan alih fungsi lahan dan penggundulan hutan untuk penanaman jagung. Meskipun Pemerintah memberikan bibit jagung dan harga jagung saat ini menggiurkan, tetapi perlu diperhatikan aspek aspek lingkungan dan kelestarian hutan. Untuk Itu, Bupati Bima meminta kepada para camat dan kades di Donggo, Bolo, Madapangga dan sekitarnya untuk  melakukan koordinasi berkaitan dengan masalah ini.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.