Header Ads

Dorong Sistem Pendanaan Pelatihan Berbasis Masyarakat, Disnaker Berikan Fasilitas

Dorong Sistem Pendanaan Pelatihan Berbasis Masyarakat, Disnaker Berikan Fasilitas

Bima, Media NTB - Dinas Tenaga Kerja Kota Bima menggelar kegiatan pemberian fasilitas dan mendorong sistem pendanaan pelatihan berbasis masyarakat program peningkatan kesempatan kerja melalui pemberdayaan tenaga kerja mandiri tahun anggaran 2018, pada Senin (27/08), bertempat di aula SMKN 3 Kota Bima.



Acara ini dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima Dr. Ir. H. Syamsuddin, MS. Hadir beberapa Kepala OPD, Camat dan Lurah lingkup Pemerintah Kota Bima.



Menurut laporan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima Drs. Jufri, Msi, peserta kegiatan berjumlah 50 orang yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok satu sebanyak 25 orang mengikuti praktik pengecatan kendaraan, dan kelompok dua juga berjumlah 25 orang yang akan mengikuti praktik pangkas rambut.



Kegiatan akan dilaksanakan selama 4 hari sejak tanggal 27 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2018.



Dijelaskannya pula bahwa kegiatan pemberian fasilitas dan mendorong sistem pendanaan pelatihan berbasis masyarakat program peningkatan kesempatan kerja melalui tenaga kerja mandiri bertujuan sebagai upaya pemberdayaan pengangguran, korban PHK, tenaga kerja muda dan keluarga miskin untuk menjadi wirausaha baru melalui pelatihan kewirausahaan dan keterampilan maupun bantuan sarana usaha.



Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima menjelaskan bahwa berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan angka pengangguran melalui program-program dan kegiatan. Salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan praktik pelatihan pengecatan kendaraan dan pangkas rambut.



Kegiatan ini juga sejalan dengan visi misi Walikota terpilih yakni menciptakan 10.000 lapangan pekerjaan.



Pada akhir sambutannya, beliau mengharapkan mampu menciptakan kemampuan, keterampilan dan keahlian serta kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja sehingga dengan begitu mereka bisa mendapatkan pekerjaan bahkan bisa membuka lowongan kerja untuk orang lain.



Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan peralatan pengecatan kendaraan dan peralatan pangkas rambut oleh Asisten II kepada dua peserta pelatihan secara simbolis.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.