Header Ads

Nonton Pacuan Kuda, Pj Walikota Bima Semangati Joki Cilik



Bima, Media NTB - Penjabat Walikota Bima Drs. H. Wirajaya Kusuma, MH, menyempatkan diri menyaksikan para joki cilik yang berlaga pada ajang Pacuan Kuda Tradisional Bima yang diselenggarakan oleh Pordasi Kota Bima pada Sabtu siang, 1 September 2018. Penjabat Walikota hadir bersama Wakil Ketua DPRD Kota Bima Sudirman DJ, SH.



Pacuan yang mengambil tempat di Arena Pacuan Kuda Sambinae Kota Bima tersebut telah berlangsung sejak tanggal 25 Agustus 2018 dan telah memasuki putaran final.



Pacuan kuda setiap tahun selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Bima, terutama bagi para penggemar pacuan kuda, para peternak kuda, pedagang kaki lima, serta para pengrajin kelengkapan kuda pacu.



Selain itu, pacuan kuda Bima menarik karena diadakan secara tradisional dan dibedakan antara kuda lokal Bima dengan kuda sandelwood. Salah satu hal yang paling menarik untuk disaksikan adalah kelincahan dan kecekatan para joki cilik dalam mengendalikan kuda, karena pacuan kuda di Bima khususnya dan di seluruh Pulau Sumbawa umumnya selalu menggunakan joki cilik yang berusia rata-rata 6 - 10 tahun.


“Acara pacuan kuda ini adalah warisan budaya yang harus kita pertahankan. Banyak daerah lain yang memiliki budaya pacuan kuda, namun daerah kita unik. Salah satu keunikannya adalah ada joki dari kalangan anak-anak kecil. Ini dapat menjadi salah satu atraksi khas daerah”, kata Penjabat Walikota mengapresiasi.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.