Header Ads

Penajaman Tugas, TPID Kota Bima Gelar Rakor



Bima, Media NTB - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Bima menggelar rapat koordinasi pada Rabu, 21 November 2018, di ruang rapat Sekda kota Bima. Rapat dipimpin Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Nurjanah, S.Sos, diikuti pimpinan OPD terkait, diantaranya Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, dan Bagian Ekonomi Setda Kota Bima.



Rakor membahas penajaman tugas TPID. Beberapa potensi risiko yang masih perlu diwaspadai hingga akhir Desember meliputi kenaikan harga beras, daging, telur ayam, dan bumbu-bumbuan, untuk itu perlu dilakukan koordinasi dengan pelaku usaha/distributor dan kerjasama antar daerah.



Langkah lain adalah berkoordinasi dengan Bulog untuk melakukan operasi pasar secara cermat, tepat waktu, dan tepat sasaran.



Kadis Koperindag juga menyatakan, tim akan memastikan tidak terjadi spekulasi kenaikan harga komoditas yang tidak wajar yang dihubungkan dengan pelemahan nilai tukar rupiah.



Dalam rangka meningkatkan kinerja tim, TPID Kota Bima selanjutnya akan menyusun roadmap pengendalian inflasi daerah, untuk itu diminta kepada anggota untuk menghimpun kegiatan yang terkait dengan pengendalian inflasi pada OPD masing-masing.



TPID sebagai wadah koordinasi memiliki peran yang semakin strategis dalam mendukung pencapaian sasaran inflasi yang rendah dan stabil di daerah.



Pelaksanaan tugas TPID dilakukan dalam berbagai program kerja yang meliputi antara lain: Rapat Tim Teknis, Rapat Tingkat Pimpinan (High Level Meeting), Rapat Koordinasi Wilayah, serta kunjungan dan peninjauan ke pasar dan tempat-tempat yang strategis, sebagai upaya menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga dalam menghadapi hari raya keagamaan.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.