Header Ads

Asisten III Setda Kota Bima Hadiri Wisuda Sarjana Angkatan IV IAIM Bima



Bima, Media NTB - Sabtu, 15 Desember 2018, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Muhammadiyah Kota Bima, dilaksanakan Rapat Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana Angkatan IV Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima.



Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Bima Drs. H. Sukri, M.Si, mewakili Pemerintah Kota Bima menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh civitas akademika IAIM Bima yang telah berhasil mengantarkan mahasiswanya menyelesaikan studi.



“Perkenankan saya atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Bima, mengucapkan “selamat dan sukses“ kepada para wisudawan/wisudawati atas keberhasilan menempuh studi pada jenjang strata I di IAIM Bima. Saya juga menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas keberhasilan dan prestasi yang diraih pimpinan Yayasan dan IAIM Bima beserta segenap civitas akademika, yang telah mampu melaksanakan tradisi wisuda hingga tahun 2018 ini”, kata Asisten III.



Asisten III menyatakan, dalam kehidupan pribadi dan bermasyarakat, pendidikan Islam atau yang dikenal dengan istilah tarbiyah menduduki posisi yang sangat penting. Sebab melalui proses pendidikan dengan nilai-nilai Islam inilah seorang muslim dapat tumbuh dan berkembang secara baik, membentuk kepribadian seseorang selaras dengan nilai-nilai dan prinsip Islam.



“Kita menyadari bahwa upaya mewujudkan masyarakat Kota Bima yang religius sesuai dengan visi pembangunan daerah di bidang keagamaan tidak akan berhasil tanpa dukungan dan partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat”, ujarnya.



Dengan segala potensi dan sumberdaya yang dimiliki, IAIM Bima diharapkan mampu mewujudkan pendidikan Islam yang berperan aktif dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi umat Islam di daerah serta mempersiapkan SDM yang berilmu amaliah untuk diterjunkan kembali pada masyarakat.



Berbagai program prioritas di bidang keagamaaan telah direalisasikan antara lain program membumikan Al-Quran, pelaksanaan khataman massal, dan Kota Bima Mengaji, serta terjaganya harmonisasi hubungan antar umat beragama. Namun implementasi berbagai kegiatan dalam bidang agama tersebut masih harus ditingkatkan demi tercapainya kualitas Dou Labo Dana Mbojo yang religius terutama dalam aspek pemahaman dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat mengeliminir terjadinya kasus-kasus yang bertentangan dengan ajaran agama seperti kasus amoral, tindak kekerasan dan berbagai kasus-kasus lainnya.


Harapan ini sejalan dengan visi IAIM Bima seperti yang disampaikan oleh Rektor Syafruddin, M.Pd.I, yakni IAIM Bima sebagai “Pusat Pengembangan Keilmuan Islam yang Mencerahkan Berbasis Penelitian pada Tahun 2025”.



Berbagai macam dinamika dan tantangan menuntut Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima terus berikhtiar menjadi perguruan tinggi yang memiliki marwah dalam pengembangan tradisi kajian keislaman dan keilmuan, dengan motto “Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah” termasuk mencetak lulusan-lulusan terbaik untuk berkarya dalam bidang keilmuan masing-masing.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.