Header Ads

Keindahan Taman Panda Kurang Lengkap Tanpa Tong Sampah



Bima, Media NTB - Keberadaan Taman Panda di Desa Panda Kabupaten Bima menarik perhatian masyarakat Kabupaten Bima. Selain dari kabupaten Bima, banyak pula masyarakat Kota Bima bahkan Dompu hingga sumbawa yang menjadikan tempat taman yang baru dibangun ini sebagai tempat wisata.



Keindahan tempat ini diprediksi akan menjadi ikon kabupaten Bima. Kunjungan wisatawan ke tempat ini pun akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat setempat khususnya yang berjualan di sekitarnya.



Namun, masih banyak juga para pengunjung yang megeluh diakibatkan pemerintah tidak menyediakan tempat pembuangan sampah, sedangkan kebersihan sangat di butuhkan dalam merawat keindahan yang ada. Demikian dikeluhkan oleh salah satu pengunjung, Suhartini warga dari kecamatan Sape kabupaten Bima.



“Yang seharusnya pemerintah melihat bagaimana keaadan di sini, supaya apa yang menjadi kekurangan bisa ditambahkan, karena memang tempat ini sangat disayangkan bila dipenuhi dengan sisa makanan”. Keluhnya.



Suhartini menyayangkan, dengan dibuangnya sampah sembarang tempat, akan dapat mengurangi keindahan, kenyamanan bagi para pengunjung.



Sementara itu, Muhammad. S.Pt. kabid Kebersihan dan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bima mengatakan, kalau di tahun 2018 yang lalu khusus Dinas Lingkungan Hidup belum ada pencairan anggaran untuk pembuatan tempat sampah, akan tetapi di tahun 2019 ini sudah ada.



“Tentunya kita akan mengalokasikan di lokasi lokasi yang membutuhkan tempat sampah di Kabupaten Bima ini, seperti di Taman Panda, Pantai Kalaki, Pantai Lariti dan tempat pemukiman umum lainnya”. Kata Muhammad kepada Media ini.



Diakuinya bahwa sampai saat ini belum ada tempat-tampat yang menjadi target untuk penyimpanan tong sampah, akan tetapi nanti akan disosialisasikan oleh anggota yang ada.



“Kami juga berharap kepada setiap pengunjung seperti di Taman Panda, sekiranya sisa makanan serta sampah lainnya agar tidak membuang sembarang, dan mari kita sama-sam menjaga kebersihan demi keindahan lingkungan”. Harapnya.



Menurutnya, menjaga kebersihan itu bukan saja tugas pemerintah, akan tetapi dimulai dari diri masing-masing serta masyarakat pada umumnya yang ada di Kabupaten Bima ini.(Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.