Header Ads

Gubernur NTB Beri Motivasi Pada Inspiratif Expo : Kartini



Mataram, Media NTB - Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah memberikan motivasi kepada seluruh hadirin pada kegiatan Inspiratif Expo. Inspiratif Expo bertemakan 'Kartini' ini diselenggarakan di Car Free Day, Mataram, Minggu (21/4/2019).



Motivasi disampaikan Doktor Zul, khususnya kepada para perempuan NTB agar memiliki kepercayaan diri menatap masa kini. Mengawali sambutannya, Gubernur menceritakan tentang perjuangan Kartini dalam memperjuangkan kesetaraan di Indonesia.



"Hari Kartini identik dengan hari merayakan perempuan dan Ibu-Ibu di Indonesia. Sebelum era kartini, menjadi perempuan adalah suatu beban di masyarakat. Setelah itu, dengan keberaniannya Kartini menyatakan bahwa perempuan adalah setara dengan laki-laki pada umumnya. Sehingga harus diberi kesempatan juga untuk pengembangan diri dan pembangunan Indonesia." jelas Gubernur.



Pada kesempatan tersebut Gubernur juga menceritakan tentang" The Third Wave" yang  menjadikan nama Alfin Toffler menjulang sebagai futurolog atau futuris. "Alfin Toffler memprediksikan dinamika perkembangan perempuan menjadi tiga gelombang. Perempuan ideal Pada gelombang pertama adalah perempuan yang pintar memasak dan mencuci dikarenakan pada masa itu adalah era pertanian. Wanita lebih banyak di rumah" terang Gubernur.



"Selanjutnya, perempuan ideal pada gelombang kedua yakni era industri adalah perempuan yang bekerja di kantor" tambahnya.



Melanjutkan ceritanya, Gubernur menjelaskan bahwa pada gelombang ketiga, khususnya pada era digital masa kini, perempuan ideal sudah mulai tidak lagi harus bekerja di kantor.



"Pada gelombang ketiga, ibu-ibu tidak lagi harus bekerja dikantor, perempuan - perempuan mulai menghangatkan rumah kembali. Mereka bisa bekerja di rumah dan belanja di rumah" jelas Gubernur.



"Hakikatnya apapun masanya wanita dikenal dengan 3B (Beauty, Brain, dan Behavior). Saya kira para perempuan di NTB tidak hanya memiliki 3b tersebut namun mereka juga punya Brave" ujar Gubernur diiringi tepuk tangan hadirin.



Gubernur juga memuji keberanian perempuan di NTB jarang ditemui di Indonesia. "Keberanian perempuan di NTB jarang kita temukan di Indonesia. Perempuan NTB adalah perempuan yang hebat. InshaAllah kita akan 'purpose' ke rekor MURI, jangan-jangan yang paling banyak memiliki kepala dinas dari perempuan adalah Provinsi NTB" tambahnya.


"Mudah-mudahan keberkahan akan menyapa kita. Selamat merayakan hari kartini untuk Ibu-ibu semua" tutupnya.



Sementara ketua Dekranasda Provinsi NTB, yang juga merupakan Istri Gubernur  Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M. Sc pada sambutannya mengapresiasi para panitia dan peserta yang akan mengikuti lomba.


"Terimakasih kepada bapak - bapak yang sudah bersedia menjadi peserta, ini adalah contoh Bapak-bapak mendukung kaum perempuan meningkatkan pendidikan, memberikan dukungan kepada perempuan untuk dapat meningkatkan kemampuan menjadi lebih baik lagi" jelasnya.



"Terima kasih untuk panitia yang sudah 2 minggu ini mempersiapkan acara ini" tambahnya.



Hj. Niken juga mengajak hadirin untuk merayakan hari Kartini dengan bersyukur. "Alhamdulillah hari ini bertepatan dengan hari Kartini, hari ini adalah kelahiran hari pahlawan kita. Menjadi penting menghargai jasa beliau".



"Kartini saat ini bukan lagi memperjuangkan persamaan hak utk belajar dan lain-lain, yang diperjuangkan sekarang adalah agar perempuan bisa mendapatkan akses untuk meningkatkan pendidikannya, meningkatkan kualitasnya sebagai perempuan saat ini" tutup Hj. Niken.



Acara dilanjutkan dengan berbagai kegiatan, mulai dari fashion show hingga lomba masak. Turut hadir, Furkopimda Provinsi NTB, para Kepala OPD Provinsi NTB, dan persatuan Dharma Wanita Provinsi NTB.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.