Header Ads

Hebat! SMPN 1 Wera Terpilih Sebagai Sekolah Model


Bima, Media NTB - Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Wera Kabupaten Bima NTB terpilih sebagai Sekolah Model .Program ini melibatkan beberapa sekolah yang ditetapkan sebagai Sekolah Model dan beberapa Sekolah Imbas. 



Melalui program sekolah model, Sekolah yang ditunjuk sebagai sekolah model diberikan penguatan dan pembinaan untuk mampu menerapkan seluruh Siklus Penjaminan Mutu Pendidikan Internal secara sistemik, holistik, dan berkelanjutan, sehingga “budaya mutu” dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri pada sekolah tersebut.



Sekolah model ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah imbas dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri. Sekolah imbas adalah sekolah yang berada dalam wilayah binaan yang sama dengan sekolah model yang akan mendapatkan pengimbasan Best Practice implementasi SPMI dari sekolah model.




Kepala SMPN 1 Wera Sarifudin Idris, S.Pd., M.Pd. saat ditemui media ini di ruang kerjanya senin, (30/07/19) mengatakan, masuknya SMPN 1 Wera sebagai sekolah model tahun 2019 ini sebagai upaya pemerintah untuk memajukan mutu pendidikan, dan tahun 2019 yang masuk sebagai sekolah model terdapat tiga sekolah di Kabupaten Bima, diantaranya SMPN 1 Wera, SMPN 1 Langgudu dan SMPN 4 Sape. 




"Masuknya SMPN 1 Wera ini, harapannya mampu melaksanakan delapan standar nasional, yaitu Standar isi, Standar kompetensi lulusan, standar proses pendidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar pengelolaan, Standar pembiayaan pendidikan, Standar penilaian pendidikan, Standar pendidik dan tenaga pendidikan" Cetus Kepala Sekolah.



Lebih detail Kepsek menjelaskan bahwa. 
Standar Nasional Pendidikan adalah suatu kriteria atau standar minimal terkait pelaksanaan sistem pendidikan yang ada di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Fungsi dari Standar Nasional Pendidikan ini adalah sebagai dasar dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan untuk mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas. Sedangkan tujuan utama dari Standar Nasional Pendidikan adalah untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk karakter dan peradaban bangsa yang bermartabat, lebih-lebih di SMPN 1 Wera. 




"Kita sudah membuat komitmen bersama kepala sekolah, guru, tata usaha dan komite, untuk memajukan sekolah, salah satunya, kita mewajibkan selurus siswa untuk menghafal pembacaan Sholat lengkap setelah itu kami akan beri sertifikat bagi siswa-siswa yang mampu" Tutupnya.(Iphul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.