Header Ads

Monta Baru Wakili Kabupaten Bima Ajang Lomba Desa Tingkat Provinsi NTB



Bima, Media NTB - Desa Monta Baru Kecamatan Lambu Wakili Kabupaten Bima pada ajang lomba desa tingkat Provinsi NTB. Ditunjukan desa monta baru ini, dikarenakan pada kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten Bima yang digelar beberapa waktu yang lalu keluar sebagai juara 1 (pertama) pada ajang lomba tersebut dan berhak mewakili Kabupaten Bima pada ajang lomba desa tingkat Provinsi NTB.



Penilaian lomba desa tersebut dilakukan oleh tim dari Provinsi NTB yang berjumlah 19 orang dari perwakilan beberapa Organiasi Perangkat Daerah Provinsi NTB dan dipimpin langsung oleh Dr. H.Ashari, SH, MH Kepala Dinas Pemdes Provinsi NTB selaku Ketua penilai. Kedatangan tim penilai lomba desa ini langsung di terima oleh kepala desa Monta Baru bapak Syafruddin yang didampinggi oleh Camat Lambu pada hari Kamis (20/6).



Pada lomba desa tingkat Provinsi NTB juga dihadiri oleh Para Asssiten, Staf Ahli, Kabag Lingkup Sekda Bima, Para Kepala OPD lingkup pemerintah Kabupaten Bima, Kepala DPMDES Kabupaten Bima beserta Jajaranya, Ketua TP. PKK. Kabupaten Bima beserta jajaranya, Ketua TP. PKK. Kecamatan dan desa, beberapa camat, beserta unsure muspika kecamatan Lambu serta warga masyarakat desa Monta Baru kecamatan Lambu.



Wakil Bupati Bima Dahlan M.Noer mengatakan bahwa Kegiatan lomba desa ini merupakan langkah komprehensif secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan di pemerinthan desa. Sejalan dengan itu pemerintah Kabupaten Bima secara kontinyu melakukan kegiatan penilaian lomba desa. Selain itu, lomba desa ini pada hakekatnya dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi dan kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa yang ditandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang Ekonomi,Sosial Budaya, Sosial Politik serta terpeliharannya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan.



Berdasarkan hal itu, Keberhasilan yang diraih oleh desa Monta Baru Kecamatan Lambu dalam lomba desa tingkat Kabupaten Bima merupakan wujud keberhasilan pemerintah desa beserta warga masyarakatnya dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan pembangunan desa. Sarana dan prasarana baik prasarana desa , pendidikan dan kesehatan serta peningkatan kualitas ekonomi desa. Oleh karenanya desa Monta Baru Kecamatan Lambu ini, Kami pandang layak untuk mewakili Kabupaten Bima dalam penilaian lomba desa tingkat Provinsi NTB tahun 2019 ini.



Tentunnya kami memiliki keyakinan Ketua dan seluruh anggota Tim Penilaian lomba desa sependapat dengan penilaian yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bima atas keberhasilan capaian kinerja desa Monta Baru Kecamatan Lambu sehingga tidaklah berlebihan apabila pada saatnya nanti kami berharap desa Monta Kecamatan Lambu mendapatkan predikat terbaik dalam penilaian lomba desa tahun 2019 tingkat Provinsi NTB.



Menurut Ketua Tim Lomba Desa Tingkat Provinsi Dr. H.Ashari, SH, MH yang juga selaku kepala DPMDES Provinsi NTB mengungkapkan bahwa kegiatan penilaian lomba desa yang kami lakukan ini dimaksudkan untuk mengevaluasi, menilai, serta mendorong kades dan masyarakat desa, untuk mengoptimalisasi potensi-potensi desa terutama dari aspek pemerintahan, kewilayahan, dan aspek kemasyarakatan terutama pencapaian yang telah dilakukan oleh Kepala Desa beserta jajaranya dalam memimpin desannya, sehingga dari penilaian yang di lakukan ini kami bisa melihat dari dekat kegiatan apa saja yang dilakukan dalam memajukan desa. Selain itu juga kami akan melihat inovasi desa dari aspek pemerintahanya dilihat dari kriterianya.



Pada kesempatan ini kami juga akan melakukan kunjungan kelapangan dalam rangka memeriksa kelengkapan Administrasi, keadaan di lapangan yang sebenarnya, termasuk melihat beberapa potensi yang termuat dalam profis desa serta melakukan wawancara maupun Tanya jawab, sehingga dari hasil pemeriksaan di lapangan ini nantinya kami akan mengetahui apakah desa Monta Baru Kecamatan Lambu layak mendapatkan predikat juara pertama pada lomba desa tingkat Provinsi NTB.



Dijabarkan pula bahwasanya dalam lomba desa ini, telah diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 13 Tahun 2007 tentang Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Keluarahan, dimana lomba desa dan keluarahan ini merupakan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintahan daerah, bersama masyarakat desa dan kelurahan yang bersangkutan. Profil Desa dan Kelurahan adalah gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar, potensi, tingkat perkembangan dan masalah yang dihadapi. Dan Tingkat Perkembangan Desa dan Kelurahan adalah status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan yang dapat mencerminkan tingkat kemajuan atau keberhasilan masyarakat, pemerintahan desa dan kelurahan serta pemerintahan daerah dalam melaksanakan kegiatan pembangunan. Ujarnya.



Perwujudan dalam Permendagri ini sejalan dengan Nawacita ke -3 (tiga) Presiden RI Ir. H. Joko Widodo prioritas untuk pembangunan Indonesia yang berbunyi membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah – daerah da desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Dalam rangka mewujudkan hal tersebut pemerintah pusat telah menggelontorkan alokasi dana desa / DDA, dimana setiap desa mendapatkan alokasi dana desa sebesar 1,5 Milyar bahkan sampai dengan 3 Milyar. Hal ini diberikan dalam rangka upaya untuk membangun sarana dan prasarana infrastruktur yang ada di desa / kelurahan, dimana ADD / DDA ini dikelola langsung oleh Desa.



Mudah – mudahan dengan adanya penilaian lomba desa yang diwakili oleh desa Monta Baru Kecamatan Lambu ini , kedepannya mendapatkan predikat terbaik dalam ajang lomba desa tingkat Provinsi ini. Ujar H.Ashari Kepala Dinas Pemdes Provinsi NTB selaku Ketua penilai.



Sementara itu Kepala desa Monta Baru Kecamatan Lambu Syafruddin dalam pengantar, pertama – tama kami selaku pemerintah desa, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Bupati Bima bersama rombongan dan Ketua dan seluruh anggota Tim Lomba desa tingkat Provinsi NTB yang datang kewilayah kami guna penilaian lomba desa tersebut. Semoga dengan adanya penilaian ini, mudah – mudahan desa kami mendapatkan predikat sebagai juara 1 dalam lomba desa tingkat Provinsi NTB.



Dalam rangka mengadapi lomba desa tingkat Provinsi NTB ini, kami beserta seluruh jajaran yang dibantu oleh pemerintah daerah dan pemerintah kecamatan telah melakukan berbagai macam upaya pembenahan desa terutama dalam hal memacu desa untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Untuk itu melalui lomba desa ini akan mendorong pemerintah desa monta baru agar selalu berkomitmen untuk membangun desa, menjallin hubungan yang harmonis dengan BPD dan kelembagaan desa.



Disamping itu produk unggulan desa kami meliputi Bawang Merah, Home Industry ( Tenunan Bima), peternakan (sapi dan Kambing) serta pertanian jagung hibrida, dimana produk unggulan desa monta baru ini, kami akan terus menjaga dan melestarikanya agar dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat desa secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan pendapatan asli desa agar dapat menjadi desa yang mandiri dan maju. Imbuhnya.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.