Header Ads

Walikota Jadi Irup Pada Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Hari Kesehatan Nasional dan Hari KORPRI



Bima, Media NTB - Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 dan Hari KORPRI ke-48, ditandai dengan upacara, Larung bunga di Pelabuhan Bima dan Pemberian tali asih berupa sembako dan uang transport kepada Veteran.



Walikota Bima H.Muhammad Lutfi, SE bertindak selaku inspektur upacara. Hadir pula Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH, Unsur FKPD, Anggota Veteran, dan Kepala Perangkat Daerah se-Kota Bima dari berbagai jenjang.



Upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Bima yang diikuti oleh TNI/Polri beserta seluruh Aparatur Negeri Sipil Lingkup Pemerintah Kota Bima dan para pelajar ini berlangsung khidmat dan lancar.



Dalam sambutan Menteri Sosial RI Juliari P Batubara yang dibacakan Walikota Bima dalam upacara Hari Pahlawan di Halaman Kantor Walikota, Senin (11/11/2019) menyampaikan selamat hari Pahlawan, selamat hari kesehatan nasional dan selamat hari KORPRI.



"Peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia", ujar Walikota.



Dijelaskannya bahwa Kemerdekaan yang dirasakan sekarang ini tidaklah datang begitu saja, namun perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan. Mari kita terus tumbuh kembangkan didalam hati sanubari segenap insan warga negara indonesia. Dengan peringatan hari pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno menyatakan “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar”.



Dipesankannya Kepada generasi muda, khususnya generasi milenial, agar terus berinovasi untuk menjadi Pahlawan Masa Kini sesuai dengan semangat dan tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 "Aku Pahlawan Masa Kini".



"Dengan lahirnya pikiran dan karya inovatif akan melahirkan prestasi dan pada gilirannya banyak permasalahan bangsa yang dapat teratasi", ungkap Walikota.



Lebih lanjut, Mensos dalam sambutan tertulisnya menekankan agar semangat dan perjuangan para pahlawan ditransformasikan sesuai dengan tantangan kekinian. Di era terkini, generasi muda termasuk generasi bisa mewarisi semangat para pahlawan dengan berbagai tindakan nyata sederhana.



“Untuk menjadi pahlawan, kalian dapat memulai dengan memupuk sikap positif seperti bersikap jujur, tanggung jawab, ikhlas dan pantang menyerah. Setidaknya kalian dapat menjadi pahlawan bagi diri sendiri, orangtua, teman dan suatu saat nanti bagi bangsa dan negara,”.



Mensos juga mengingatkan, agar dalam Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian, menolong sesama yang membutuhkan. Bahwa banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjadi Pahlawan Masa Kini termasuk tidak menyebarkan berita hoaks.



Hari ini juga diperingati hari KORPRI yang ke 48 dengan tema “Korpri Berkarya, Melayani, Dan Menyatukan Bangsa”. Diharapkan para anggota korpri tetap bersemangat dalam melayani kepentingan publik, meningkatkan kinerja dan memantapkan netralitas serta siap bertransformasi menjadi bagian integritas dari pemerintahan yaitu menjaga kode etik dan standar profesi.



Demikian pula, peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 55 pada tahun 2019 menjadi momentum untuk melakukan refleksi tentang apa yang harus kita berikan bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat indonesia. Dengan tema HKN ke-55 yakni “Generasi Sehat, Indonesia Unggul”.



Tema ini menggambarkan pentingnya upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pada pelaksanaan pembangunan kesehatan secara komprehensif dalam rangka mempersiapkan generasi sehat untuk indonesia unggul pada tahun 2045.



"Mencetak SDM yang pintar dan berbudi luhur harus didahului oleh SDM sehat dan kuat", ungkap Walikota Bima.



Usai pelaksanaan  dengan upacara, Dilanjutkan dengan acara larung bunga yang merupakan salah satu rangkaian Peringatan Hari Pahlawan. Larung bunga dilakukan diatas geladak Kapal Sabuk Nusantara 51 di perairan Laut Bima oleh Walikota Bima  bersama Wakil Walikota  Bima dengan didampingi  Unsur Pimpinan DPRD Kota Bima, anggota FKPD Kota Bima dan Sekretaris Daerah Kota Bima.(NM)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.