Header Ads

Pemprov NTB Siapkan Aplikasi SiagaNTB, untuk Edukasi Mitigasi Bencana


Mataram, Media NTB - Edukasi mitigasi bencana merupakan suatu hal yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. 



Bencana gempa bumi yang terjadi satu setengah tahun yang lalu di NTB, memberikan kita semua pelajaran yang luar biasa berharga. Dari peristiwa tersebut kita mulai belajar akan betapa pentingnya mengenali potensi bencana. Betapa pentingnya memiliki sistem mitigasi yang baik terhadap bencana.



Sehingga pada saat bencana itu datang, apabila itu bencana alam yang tidak bisa kontrol, tentu kita bisa mengetahui apa yang harus kita lakukan.



"Kalau itu bencana alam yang diakibatkan oleh manusia kita bisa tahu, apa yang harus kita lakukan secara promotif dan preventif," ujar wagub saat menjadi Narasumber dalam dialog program "Kentongan" di RRI Mataram, Selasa (11/2/2020).



Untuk itu, lanjut wagub. persoalan edukasi menjadi hal yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. Masyarakat NTB harus segera diedukasi, agar memahami betul apa potensi-potensi bencana yang ada di daerahnya. Bahkan tidak lagi dalam skup daerah, namun sampai di tingkat desa bahkan dusun, terkait potensi bencana apa yang bisa terjadi di Desa tersebut.



"Kita harapkan dengan hal ini kita bisa tahu potensi bencana apa yang ada, kita tahu keterampilan apa yang harus kita miliki dan kita tahu apa yang harus kita lakukan jika terjadi bencana," ujarnya.



Saat ini Pemprov NTB sedang memperiapkan sistem mitigasi bencana yang lengkap. Dengan Aplikasi bencana "SiagaNTB" yang berisi tentang semua potensi bencana yang ada di NTB ini, dan semua pengetahuan tentang kebencanaan, serta memuat apa saja yang bisa dilakukan dan siapa yang bisa dihubungi jika terjadi bencana. "Insyaallah Aplikasi ini akan selesai bulan maret, dan bisa didownload oleh seluruh masyarakat NTB," ungkapnya.(Mus)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.