Banyak Pasien Positif Covid-19 di Daerah Sembuh


Oleh : Edi Jatmiko 

Jumlah pasien positif corona memang mengalami peningkatan, namun bukan berarti tidak ada kabar tentang kesembuhan dari pasien yang terlah terpapar dari virus tersebut. Banyaknya pasien positif Covid-19 membawa optimisme bahwa kita semua dapat menang dalam melawan penyakit ini.



Tren kesembuhan pasien Covid-19 terus mengalami peningkatan. Di Semarang misalnya, sebanyak 4 pasien positif virus corona telah dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan isolasi di RSUD KRMT Wongsonegoro.



Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, meskipun setiap hari tren kasus positif corona di Semarang terus mengalami peningkatan, namun perkembangannya terbilang baik.



Hendrar mengatakan, 4 pasien yang dirawat di RSUD KRMT Wongsonegoro telah menunjukkan hasil swab dan sudah dinyatakan negatif corona. Tercatat pada tanggal 31 Maret 2020, pasien sudah diperbolehkan untuk pulang.



Menurutnya hal ini menjadi kabar baik, mengingat upaya penanganan dari rumah sakit milik Pemkot Semarang tersebut telah membuahkan hasil sehingga bisa menjadikan spirit untuk menyembuhkan pasien lainnya.



Pihaknya berharap agar formulasi penanganan seperti ini bisa menjadikan sebuah semangat bahwa berbagai upaya yang terus dilakukan semakin hari semakin banyak pasien yang bisa disembuhkan.



Dara terakhir menunjukkan, pasien positif corona di Kota Semarang terdapat 25 orang, 14 diantaranya pasien dari Semarang dan 11 pasien dari luar Semarang.



Kabar kesembuhan pasien positif corona juga datang dari Malang, dimana 2 pasien positif coronya dinyatakan sembuh. Hal ini diketahui setelah 2 pasien positif terakhir dinyatakan sembuh.



Kedua pasien tersebut masing-masing dirawat di Rumah Sakit Umum Derah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang dan Rumah Sakit Tentara Soepraoen.



Kabag Humas Pemerintah Kota Malang, Nur Widianto mengatakan, hasil swab terakhir terhadap salah satu pasien sudah keluar dan sudah dinyatakan negatif dari corona.



Sedangkan hasil swab pasien satunya masih menunggu. Meski demikian, pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh secara klinis.



Saat ini, kedua pasien tersebut sudah dipulangkan dari rumah sakit. Meski begitu keduanya harus menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan dari pihak Satgas Covid-19 Kota Malang.



Pasien pun tidak diperbolehkan keluar dari rumah dan diminta untuk menjalankan aktifitasnya dari dalam rumahnya.



Di Bali pandemi virus corona juga cukup mengkhawatirkan, namun ada juga pasien yang berhasil sembuh di Pulau Dewata tersebut.



Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Bali, Dewa Made Indra menjelaskan, sebanyak 2 orang pasien yang dinyatakan sembuh dari virus yang asal Wuhan tersebut. Mereka yang sudah sembuh sudah dalam persiapan untuk pulang dari Rumah Sakit.



Dalam hitungan hari, Covid-19 menyebar ke beberapa wilayah di Indonesia. Jumlah kasus pasien positif corona terus bertambah setiap harinya. Namun harapan untuk melenyapkan virus ini datang seirin semakin banyaknya pasien yang dinyatakan sembuh.



Pada kesempatan berbeda, Sebanyak lima orang pasien terjangkit virus corona di Sulawesi Selatan dilaporkan sudah sembuh. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan sudah ada kabar kesembuhan di rumah sakit stella Maris sebanyak 5 orang.



Husni menambahkan, Pasien yang terjangkit virus corona sebelum dinyatakan sembuh harus melewati kembali pemeriksaan swab, dan jika menunjukkan hasil dua kali negatif barulah pasien tersebut bisa dinyatakan sembuh.



Ia menyebut, peluang pasien positif corona untuk sembuh di Sulawesi Selatan cukup besar, apalagi jika mengacu pada data nasional sudah banyak pasien yang sembuh.



Pada tanggal 31 Maret 2020, jumlah pasien positif corona yang sembuh semakin bertambah. Pemerintah melansir ada penambahan enam pasien baru yang sembuh. Sehingga total menjadi 81 orang pasien yang dinyatakan sembuh.



Sementara pada 1 April 2020, Jumlah pasien sembuh dari virus corona di Indonesia bertambah sebanyak 22 orang. Sehingga total pasien sembuh menjadi 103 orang.



Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh ini merupakan yang tertinggi secara harian dibandingkan sebelumnya. Jumlah Pasien yang sembuh paling tinggi secara harian sebelumnya sebanyak 13 orang pada 28 Maret 2020.



Kita pun tahu bahwa pasien 1 2 3 di Depok telah dinyatakan sembuh, ketika ditanya bagaimana kiat sembuhnya, mereka menjawab bahwa mereka memilih untuk berpikir positif dan memiliki semangat untuk sembuh.



Oleh karena itu dengan banyaknya pasien yang berhasil sembuh dari virus corona ini, tentunya harus menjadi penyemangat bagi siapapun untuk terus melawan corona dengan mematuhi segala protokol dari pemerintah.



Penulis adalah pengamat sosial

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.