Idul Qurban Tahun Ini, Kabupaten Bima Kirim 12 Ribu Sapi ke Luar Daerah


Bima, Media NTB - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bima melaui Dinas Peternakan Kabupaten Bima merencanakan pengiriman sapi untuk kurban ke luar daerah, akan dilaksanakan pada tanggal 19 April 2021.



"Untuk tahap pertama pemuatan sapi, sudah dikirim kemarin pada tanggal 19 April. Melaui kapal cemara nusantara tol laut, dengan jumlah muatan sebanyak 636 ekor" kata Kabid Agribisnis Ir. Mahmud, MM. Saat dikonfirmasi oleh media ini di ruang kerjanya, Rabu (21/04/21).



"Rencana terakhir pengiriman sapi ke luar daerah sampai tanggal 26 Juni 2021, dengan harapan untuk 1 bulan ini semua sapi sudah ada di Jakarta" harapnya.



Diakuinya, bahwa jatah kapal untuk Kabupaten Bima tahun ini sebanyak 11 kali. Karena ada permintaan untuk Kota Bima dan Kabupaten Dompu masing-masing 1 kali, jadi untuk Kabupaten Bima hanya 9 kali.



"Jadi sesuai SK Gubernur NTB, jumlah sapi kurban yang akan dikirim ke daerah Jabotabek tahun ini sebanyak 12. 000 ekor" jelasnya.



Lanjut dia, tahun ini kiriman sapi lumayan cepat kalau dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Karena kapal tol laut C1 sampai C6 menjadi rebutan bagi pengirim Kabupaten Bima dengan pengirim NTT.



Namun yang menjadi permasalahan selama ini, kapasitas muatan kapal terbatas hanya 600 lebih ekor. Sementara keberadaan sapi di Bima yang akan dikirim sangat banyak.



Apalagi kebiasaan para pemilik sapi di Bima selama ini, mereka membawa sendiri ke luar daerah. Mereka tidak melalui pengusaha (CV) yang sudah terdafrar. Tutupnya (Ucok)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.