Tenaga Pendamping Profesional Desa di Lombok Barat Ikuti Bimtek


Giri Menang, Media NTB - Puluhan Tenaga Pendamping Profesional Desa di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) mendapat Bimbingan Teknis (Bimtek) Sertifikasi di Aula Excavator Dinas PUTR Lobar, Kamis (1/12).

 

Kegiatan bimtek dibuka oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid didampingi Kadis PMD Lobar Heri Ramadhan dan seluruh peserta Asosiasi Pendamping masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN).

 

Ketua DPC APMDN Kab. Lobar Sabillirosyad mengatakan, kegiatan bimtek ini dalam rangka persiapan pelaksanaan sertifikasi yang akan dilaksanakan pada bulan Desember ini.

 

"Pentingnya sertifikasi profesi tenaga pendamping profesional  akan memberikan beberapa hal bagi desa dan masyarakat desa. Dengan sertifikasinya ini akan menjamin terselenggaranya layanan pendamping desa kita yang berkualitas," katanya.

 

Dia menambahkan, bagi institusi pengguna sertifikasi akan menjamin bahwa tenaga pendamping profesional yang ditugaskan benar-benar memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang dikeluarkan.

 

"Bagi tenaga pendamping profesional kita, sertifikasi ini merupakan pengakuan terhadap profesinya yang memiliki skill dan regulasi yang kuat," ujarnya.

 

Peserta bimtek ini kata dia, diikuti oleh 52 orang terdiri dari 6 dari kabupaten, 17 dari kecamatan dan 29 dari tingkat desa.

 

"Harapan kami dengan mengikuti bimtek ini, peserta memiliki modal dasar pada saat uji kompetensi nantinya, dan lulus,” harapnya. 

 

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat sambutan mengucapkan alhamdulillah pada hari ini bisa bersilaturahim dalam rangka membuka Bimbingan Teknis Sertifikasi Tenaga Pendamping Profesional Desa se-Kabupaten Lombok Barat.

 

"Alhamdulillah pada hari ini juga kita akan melakukan pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC Asosiasi Pendamping masyarakat dan Desa Nusantara  (APMDN) Lombok Barat," ungkapnya.

 

Dia menyebutkan, dengan terbentuknya APMDN bisa mempersatukan teman-teman para pendamping dan bisa meningkatkan kolaborasi tidak hanya internal Kabupaten Lombok Barat saja. Tetapi juga saling berbagi dengan teman-teman pendamping yang lain yang ada di Provinsi NTB, bahkan Indonesia.

 

“Selamat mengikuti bimtek, ikuti dengan sebaik-baiknya, sehingga nantinya menjadi Tenaga Pendamping Profesional yang kompeten,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan itu dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan pengurus DPC Asosiasi Pendamping masyarakat dan Desa Nusantara (APMDN) Lombok Barat. (ProKopi Lobar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.