Wagub Umi Rohmi Tekankan Faktor Lingkungan Turunkan Angka Stunting



Mataram, Media NTB - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd menekankan, faktor lingkungan sangat memengaruhi turunnya angka stunting.



"Terutama air bersih dan pola hidup sehat agar stunting bisa hilang dan resiko penyakit berkurang", ujar Wagub Umi Rohmi saat rangkaian kunjungan di Posyandu Keluarga Mawar di lingkungan Pande Besi II, Karang Pule, Kecamatan Sekarbela, Senin (08/05).


Program Bhakti Stunting Pemprov NTB yang melibatkan seluruh pihak di daerah binaan penurunan stunting masing masing, harus didukung dengan penguatan faktor lingkungan selain intervensi dengan gerakan pemberian protein hewani (telur) bagi penderita stunting.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, Rusman Hadi mengatakan, tipikal lingkungan perkotaan yang padat adalah tantangan tersendiri. 

 


"Tapi khusus air bersih, lingkungan yang tidak layak air tanahnya didorong menggunakan air PDAM", jelasnya.


Selain pengelolaan limbah rumah tangga dan industri, Pemkot juga    telah memetakan lingkungan binaan stunting mendukung program Pemprov NTB dengan pemberian protein hewani (telur) setiap bulannya.


Kota Mataram periode Agustus 2022 sampai tahun ini menurunkan angka stunting dari 17,1 menjadi 15,66 persen.(jm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.