Bangun Talud Penahan Gelombang di Desa Sangiang, Warga Berterimakasih Pada Gubernur NTB


Bima, Media NTB - Untuk mencegah abrasi pantai, pemerintah Provinsi NTB membangun talud Penahan Gelombang di Desa Sangiang. Warga Berterimakasih Pada Gubernur NTB pemukiman penduduk di daerah pesisir pantai Desa Sangiang , Kecamatan Wera, Kabupaten Bima NTB. Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas perikanan dan Kelautan mengerjakan talud penahan gelombang di Desa setempat.  Hal itu sangat penting dilakukan untuk meminimaliir hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi, pada kawasan pemukiman masyarakat yang berada di pesisir pantai.



Abrasi merupakan peristiwa pengikisan daerah pantai, yang diakibatkan oleh gelombang laut yang dapat merusak keseimbangan alam. Hal ini dapat memberikan dampak negatif bagi pemukiman masyarakat, bila tidak segera diantisipasi.



“Pembuatan talud pantai bertujuan mencegah abrasi serta sebagai penahan ombak. Sehingga pemukiman warga yang terletak disekitar pesisir pantai Desa Sangiang dapat terhindar dari terjangan ombak apalagi di musim hujan.” ucap Syaifulah tokoh masyarakat setempat.



Pembangunan infrastruktur fasilitas umum berupa pembuatan talud di pinggir pantai desa sengiang juga bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam melaksanakan aktifitas perekonomian sehari-hari dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.



Hal senada juga disampaiakan masyarakat setempat Ramdin. Ia menjelaskan bahwa. Pekerjaan talud yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Nusa Tenggara Barat rupanya sangat bermanfaat bagi masyarakat di pesisir pantai desa Sangiang kecamatan Wera kabupaten Bima. Pasalnya pekerjaan tersebut dapat menahan arus gelombang yang biasanya keluar hingga sampai ke pemukiman penduduk. Namun masyarakat setempat yakin setelah dikerjakannya talud tersebut akan dapat menahan gelombang.



"Alhamdulillah pekerjaan yang dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi NTB ini akan sangat bermanfaat bagi kami yang tinggal dipinggir laut, biasanya ombak akan masuk sampai ke pemukiman kami, tetapi setelah talud ini dikerjakan yakin dan percaya tidak ada lagi gelombang yang masuk sampai ke rumah kami, tentu program yang diberikan oleh Gubernur NTB ini sangat bermanfaat, kami berterimakasih terhadap Bang Zulkieflimansyah". Tandasnya. 



Tidak hanya itu, pekerjaan tersebut rupanya juga direspons baik oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. melalui akun Facebooknya, ia mengapresiasi Kedis kelautan dan perikanan.


"Talud penahan Gelombang juga sudah di eksekusi oleh Pak Kadis Kelauatan dan Perikanan kita di desa Sangiang Bima. Mantap Pak Kadis!" tulis orang gubernur yang akrab disapa bang Zul ini. (Iphul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.