Wagub NTB Ummi Rohmi Tekankan Data Yang Valid Kunci Pembangunan


Mataram, Media NTB - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah menekankan bahwa data yang valid serta akurat menjadi kunci kebijakan dalam menentukan arah pembangunan dan meningkatkan layanan kesehatan masyarakat yang merata.


"Karena kita tahu, data yang valid dan akurat menjadi kunci untuk mengambil kebijakan yang lebih baik," ungkap Ummi Rohmi saat memberikan Arahan pada Workshop Enumerator Survei Kesehatan Indonesia (SKI) di Provinsi NTB Tahun 2023 di Hotel Lombok Garden, Selasa (08/08/23).


Ummi Rohmi berharap dengan adanya Tim Enumerator yang telah mengikuti berbagai survei kesehatan di Provinsi NTB dapat menemukan data yang valid dan akurat dalam bidang lingkungan kesehatan masyarakat di NTB.


"SKI sangat penting, kita ingin data kesehatan yang valid. Bayangkan saja data tidak akurat maka semua kebijakan tidak tepat sasaran," tegas Ummi Rohmi.


Untuk itu, Ummi Rohmi mengungkapkan fungsi data yang valid akan mempermudah pemerintah dalam melakukan intervensi. Sehingga kerja pemerintah selama ini bisa terbaca dengan tepat dan benar.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri menjelaskan adanya workshop Enumerator Survei Kesehatan Indonesia ini akan memberikan hasil yang baik tentang data kesehatan masyarakat baik berat badan, tinggi badan, gizi, lingkungan dan berbagai kesehatan lainnya. Artinya lebih teliti dan akurasi dalam melakukan survei sebagai perencanaan pembangunan kesehatan di NTB.


"Servei data kesehatan ini ditargetkan selesai akhir tahun 2023. Sehingga data-data kesehatan masyarakat akan lebih Valid dalam menentukan kebijakan ke depannya," jelasnya.



Dijelaskannya, sementara jumlah peserta workshop sebanyak 236 orang. Ratusan peserta terpili dan telah mengikuti seleksi dari sepuluh kabupaten kota. Peserta memiliki latar pendidikan di bidang kesehatan diantaranya perawat, bidan, kesehatan Masyarakat dan gizi.


"Selain mengikuti workshop, mereka juga akan melakukan survei langsung di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya. Enumerators adalah para profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan data kesehatan secara langsung di lapangan.(man/her)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.