Kadis Kominfotik NTB: Optimalisasi Transformasi Digital untuk Peningkatan Literasi Digital dan Implementasi Layanan Publik


Mataram, Media NTB - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M sampaikan paparan optimalisasi transformasi Digital untuk peningkatan Literasi Digital dan Implementasi Layanan Publik pada acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh Darma Wanita Provinsi NTB di Ruang rapat Darma Wanita Persatuan Provinsi NTB Selasa, (24/10).


 
Dalam kesempatan tersebut, Dr. Najam menjelaskan empat pilar Literasi  yang harus dimiliki agar bijak menggunakan media sosial, pertama Digital Skill kecakapan digital memahami perangkat keras dan lunak TIK serta sistem operator digital, Digital culture maksudnya mampu membangun wawasan kebangsaan dalam berinteraksi di ruang digital, ketiga Digital ethics yang artinya mampu menyesuaikan diri dan berpikir rasional dan mengutamakan netiket. Dan terakhir Digital safety meningkatkan kesadaran perlindungan dan keamanan data pribadi.


“Ada empat pilar Literasi digital dan masyarakat harus memahami sehingga bisa di terapkan di kehidupan sehari-hari” jelas Dr. Najam dalam menyampaikan slide-slide materinya.


Dalam acara tersebut, Dr. Najam juga mengajak peserta sosialisasi untuk berdiskusi mengenai langkah-langkah konkret yang menjadi peran masyarakat digital diantaranya konsumen yang sadar, Kesadaran Informasi, Perlindungan anak dan remaja, dan partisipasi sehingga pengoptimalan Teknologi informasi untuk meningkatkan kecerdasan berliterasi bermedia dapat terwujud.


“Peran masyarakat digital diantaranya konsumen yang sadar, Kesadaran Informasi, Perlindungan anak dan remaja, dan partisipasi” Papar Dr. Najam.


Diharapkan, acara tersebut akan menjadi titik awal bagi upaya kolektif dalam membangun kesadaran tentang pentingnya sikap dan prilaku santun di era digital, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak positif dari penggunaan teknologi secara bertanggung jawab.(nm)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.