Header Ads

Pemkot Bima Gelar Upacara Hari Pramuka Ke-54

Kota Bima, samadapos.com – Jum’at (14/08/2015), bertempat di Halaman Kantor Walikota Bima dilaksanakan upacara peringatan hari Pramuka ke-54 tingkat Kota Bima. Hadir dalam upacra tersebut Pimpinan Kwartir Daerah (Kwarda), Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Kwartir  Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka, Para pelatih dan instruktur gerakan pramuka, Para pembina gugus depan, dan para Adik-adik anggota pramuka.

Sekretaris Daerah Kota Bima Ir Muhamad Rum bertindak selaku pembina upacara menyampaikan beberapa pesan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. H. Adhyaksa Dault, M.Si yakni mengajak seluruh anggota pramuka untuk membangun karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baik pada masa depan.

Disampaikannya bahwa perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini mempengaruhi generasi muda kita,  untuk itulah, diharapkan gerakan pramuka ini dapat membentengi dan membangun manusia atau pemuda cerdas yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat.

“Bukan hanya membangun manusia atau pemuda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, menjunjung Kesatuan dan Persatuan Indonesia”, tegas Sekda.

Diakuinya bahwa masih banyak tantangan besar yang dihadapi oleh gerakan pramuka dan oleh kaum muda Indonesia yakni makin bertambahnya penduduk, juga mengingat  percepatan pertumbuhan masalah kaum muda lebih cepat dibandingkan dengan solusi yang dapat dilakukan.

Diharrapkan nantinya pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda di Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda. Kemajuan bangsa dan negara kita dalam dua puluh, tiga puluh atau lima puluh tahun yang akan datang, terletak di tangan kaum muda. Tentu tidak mudah dan ini semua menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama sebagai orang tua dan pendidik dibawah pembinaan pemerintah sebagai pengelola negara yang kita cintai ini.

Seuasai upacara peringatan HUT Pramuka ke-54 diumumkan pula juara-juara lomba gerak indah pramuka masing-masing tingkat satuan. Untuk tingkat Sekolah Dasar juara dipsah per masing-masing kecamatan dengan rincian Kecamatan Mpunda Juara Pertama diraih oleh SDN 11 Kota Bima (Putra) dan SDN 11 Kota Bima (Putri); Kecamatan Asakota Juara Pertama diraih oleh SDN 01 Kota Bima (Putra) dan SDN 46 Kota Bima (Putri); Kecamatan Rasanae Barat juara pertama diraih oleh SDN 02 Kota Bima (Putra) dan SDN 21 Kota Bima (Putri); Kecamatan Raba Juara Pertama diraih oleh SDN 05 Kota Bima untuk regu Putra dan Putri, sedangkan untuk kecamatan Rasanae Timur juara pertama diraih oleh SDN 33 Kota Bima (Putra) dan SDN 48 Kota Bima (Putri).


Untuk tingkat Penggalang (SMP/MTs), SMPN 1 Kota Bima mengalahkan sekolah lainnya untuk regu Putra dan SMPN 6 Kota Bima untuk regu putri. Sedangkan untuk tingkat Penegak, SMK PPN Bima menjadi pemenang untuk regu Putra dan SMAN 1 Kota Bima untuk regu putri.(SP/01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.