Header Ads

Ini Pesan Menko Kemaritiman Saat Berkunjung di Kota Bima


Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jend. TNI (Purn) Luhut Binsar Padjaitan Saat Berkunjung di Kota Bima
Kota Bima, MediaNTB.com - Arahan Menko Kemaritiman dapat disimpulkan dalam 4 poin sebagai berikut:
 
1. Agar PT. Pelindo III dapat memperhitungkan pengembangan dua pelabuhan di Pulau Sumbawa. Pertama adalah Pelabuhan Badas untuk melayani wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat, dan yang Kedua adalah Pelabuhan Bima untuk melayani wilayah Bima dan Dompu.

2. Pendalaman alur perlu dilakukan untuk Pelabuhan mengingat kedalaman kolam hanya sedalam 6 meter. Hal ini akan menyulitkan kapal-kapal besar untuk bisa berlabuh di Pelabuhan Bima. Akibatnya efisiensi biaya pengiriman tidak akan tercapai. Sementara itu Pelabuhan Badas sudah memiliki kedalaman kolam yang memadai antara 10-12 m.

3. Pihak Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian di daerah memiliki peran sangat penting untuk mendorong agar perusahaan-perusahaan produsen pakan ternak mau menyerap habis produksi jagung petani di masa panen,

4. Pemerintah daerah agar membangun infrastruktur jalan yang memadai yang menghubungkan pusat-pusat produksi pertanian dengan wilayah pelabuhan memadai agar proses pengangkutan komoditas pertanian dapat dilakukan secara efisien.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.