Header Ads

KPU Resmikan RPP Tambora Dompu


Logo KPU

Dompu, MediaNTB.com – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Dompu, menggelar kegiatan acara peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Tambora Dompu yang berlangsung di halaman kantor KPU Dompu, Kamis (20/10/2016). RPP tambora yang sebelumnya di bentuk dan di desain oleh KPU Dompu dalam rangka meningkatkan kualitas Pemilu dan Demokrasi masyarakat serta wadah untuk masyarakat dalam mempelajari tentang pemilu ini, diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI, Juri Adiantoro.

Acara yang berlangsung ramai tersebut dihadiri langsung oleh pihak – pihak terkait diantaranya, Ketua dan Anggota KPU Dompu, Ketua dan Anggota KPUD NTB, Ketua dan Anggota KPUD Kabupaten Kota Se-NTB, Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Dompu H Ichtiar Yusuf SH. Hadirpula dalam acara ini, Anggota DPRD Dompu serta Puluhan siswa dan guru sekolah yang ada di kabupaten Dompu.

Ketua KPUD Dompu Risdiyanto ST, dalam acara tersebut mengatakan, dirinya mengaku mendapat kepercayaan dari KPU Pusat untuk mendirikan RPP Tambora dari 18 Kabupaten Kota yang ditunjuk langsung oleh KPU RI.”Terbentuknya RPP tambora ini menambah semangat kerja anggota KPU Dompu, karena setiap minggu dikunjungi oleh sekolah dalam hal ini para siswa yang ingin belajar tentang pemilu. Hadirnya RPP ini tidak luput dari dukungan dana KPU RI dan sangat diharapkan dukungan lebih untuk keberlangsungan pendidikan pemilu di KPU Dompu,” jelasnya.

Ditambahkan Ketua KPU Dompu, pada RPP Tambora ini ada berbagai macam media yang disediakan. Hal itu antara lain seperti, ruangan khusus untuk sejarah pemilu, ruangan miniature TPPS, ruangan Media center, Ruangan Pemutaran Flim pemilu dan Pohon demokrasi.”Sejak dibentuk, RPP tambora ini sudah puluhan sekolah yang datang untuk belajar tentang pemilu. Sekolah merupakan wadah yang didalamnya ada ribuan pemilih pemula. Bahkan untuk menunjang peningkatan pemahaman mengenai pemilu ini, kami juga pun juga mengadakan lomba cerdas cermat  tingkat sekolah dengan materi tentang pemilu. Alhamdulillah kegiatan  cerdas cermat tersebut sudah terlaksana dengan lancar dan sukses,” paparnya.

Disela waktu, Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin, melalui sambutanya juga dalam acara tersebut mengatakan, bahwa tingkat kesejateraan ekonomi masyarakat akan terwujud dan berpengaruh pada demokrasi, terutama di kabupaten Dompu. Hal itu bisa dibuktikan dengan peningkatan partisipasi pemilu masyarakat Dompu yang berlangsung dalam beberapa bulan kemarin.”Bagi masyarakat dompu, demokrasi adalah bagian dari hidup mereka. Jadi hal yang tidak heran lagi, kalau tingkat partisipasi masyarakat dompu dalam pemilu, itu sangat tinggi,” ujarnya.

Terlepas dari hal itu, Bupati Dompu berharap kepada KPU RI agar membantu KPU Dompu dalam mengembangkan RPP Tambora ini. Hal itu agar RPP tambora ini bisa terus dimanfaatkan oleh masyarakat Dompu dalam memperlajari tentang pemilu.”Kami berharap kedepan system pemilu bisa lebih baik lagi dan mudah – mudahan apa yang kita tunjuk hari ini bisa bermanfaat untuk kedepanya,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, dalam momentum acara tersebut memberikan penghargaan yang tinggi kepada KPU Dompu yang telah berhasil membentuk RPP Tambora. Bahkan melalui kesempatan itu juga, dia berjanji akan menyusun program sebagai bentuk tindaklanjut RPP agar terus eksis dalam menciptakan pemahaman masyarakat tentang pemilu.”Kami menyampaikan penghargaan yang tinggi untuk KPU Dompu. RPP tambora ini tidak hanya sebagai sarana untuk ajang kreatifitas, akan tetapi juga untuk pengembangan pemahaman masyarakat tentang pemilu. Untuk menidaklanjuti RPP ini, insah allah kami akan menyusun program,” ujarnya.

Ketua KPU RI menyebutkan, bahwa masyarakat sudah mulai menganggap demokrasi sebagaian dari hidupanya (menyatu dengan demokrasi). Hal tersebut dibuktikan dengan tingginya jumlah partisipasi masyarakat dalam menguskseskan Pemilu Legislatif maupun Pemilihan Presiden.”Masyatakat dompu sangat luar biasa, dengan 80 porsen tingkat partisipasi dalam pemilu, itu membuktikan bahwa masyarakat sudah menganggap pemilu menjadi bagian dari hidupnya,” ucapnya.

Menurut Ketua KPU RI, Kabupaten Dompu ini sangat berbeda dengan kabupaten kabupaten (daerah) lainya dalam hal tingkat partisipasi pemilu. Bahkan untuk diketahui, kata dia, ada daerah yang tingkat jumlah partisipasinya sangat minim dan h.al itu terjadi di Kota Medan.”Dompu ini memang berbeda dengan daerah lain. Contohnya yaitu tingkat partisipasi di (Kota Medan, Red) hanya mencapai 26, 7 porsen.,”ungkapnya.

Terlepas dari hal itu, Ketua KPU RI berharap, dengan diresmikanya RPP Tambora ini, semoga dapat selalu dimanfaatkan oleh masyarakat Dompu untuk lebih mengenal dan memahami serta mempelajari tentang pemilu.”Mudah – mudahan dengan diresmikan RPP tambora ini, bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat Dompu,” harapnya

Pantuan langsung wartawan ini dalam acara tersebut melaprokan, usai memberikan sambutan, Ketua KPU RI langsung melakukan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya Rumah Pintar (RPP) Tambora Kabupaten Dompu. Setelah itu, Ketua KPU RI dan Bupati Dompu bersama para undangan lainya diajak oleh KPU Dompu untuk melihat dan mengelilingi secara langsung setiap sudut ruangan RPP Tambora. Menariknya, dalam momentum itu juga dimanfaatkan untuk foto selfi bersama dan makan bersama di dalam ruangan RPP Tambora

Kemudian, dilanjutkan dengan penanaman pohon sebagai lambang (demokrasi) yang berlangsung di halaman kantor KPU Dompu. Dalam kesempatan itu, Ketua KPU RI, Ketua KPUD Provinsi NTB, Ketua KPU Dompu dan Bupati Dompu, masing – masing mendapatkan bagian untuk menanam secara langsung pohon tersebut di halaman kantor KPU setempat.(Sahrul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.