Header Ads

Tumpukan Sampah di Kolom Jembatan Tente Membusuk


Bima Media NTB – Salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim hujan mendatang di kecamatan Waoha kabupaten Bima adalah dengan melakukan pemebrsihan sungai.


Kamun kondisi ini tidak terlihat, malah yang terjadi adalah tumpukan sampah di bawah kolom jembatan Tente kecamatan Woha kian menjulang.


Kondisi ini jika terus dibiarkan, dan masyarakat terus membuang sampah di sungai setempat akan menjadi salah satu penyebab banjir pada wilayah setempat nantinya.


Hal ini diakibaqtkan masyarakat kesulitan mengakses Tempat Pembuangan Akhir (TPA), sehingga sungaipun dijadikan tempat pembuangan akhir dan kondisi ini diperparah dengan tidak adanya upaya pembersihan dan pencegahan oleh pemerintah terkait.


Pantauan Media NTB (11/09/17), terlihat sampah yang menumpuk di kolom jembatan Tente, kondisi tersebut membuat tersumbatnya sungai dan bahkan tumpukan sampah yang basah itu mengeluarkan aroma tidak sedap.


Akibat bau busuk dan menyengat ini, sejumlah warga yang tinggal dibantaran sungai mengeluhkan dan khawtir jika musim hujan akan kembali banjir akibat tersumbatnya sungai.


Seorang warga desa Tente, Erna (39) mengeluhkan dan menceritakan bahwa disetiap musim hujan rumahnya selalu tergenang. Dirinya bersama warga lain selalu mengeluarkan sampah dan membakarnya, upya ini kayanya hanya dapat meminimalisir tumpukan sampah, sebab aka nada lagi warga yang buang sampah dan sampah yang dibawa arus air.


Erna menuturkan, memang ada upaya juga oleh pemerintah dengan menggunakan alat berat, namun tidak mampu mengeruk dan tetap saja kembali menumpuk sampahnya setelah beberapa hari dikeruk.



Dirinya berharap, kepada pemerintah agar bisa merutinkan kegiatan pembersihan sampah ini tiap minggu atau tiap bulanya supaya tidak membuat sungai ini tercemar dan tersumbat.(Arif)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.