Walikota Bima Ikuti Aksi Dukung Rohingya oleh ACT


BIMA, Media NTB - Walikota Bima M. Qurais H. Abidin bersama anggota DPRD Kota Bima H. Anwar Arman mengikuti aksi damai dan penggalangan dana bagi muslim Rohingya yang diselenggarakan oleh yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Turut hadir Ketua GOW Kota Bima Hj. Badrah Ekawati.

Kegiatan bertempat di Paruga Nae Kota Bima pada Minggu pagi, 10 September 2017, diisi dengan orasi dan pernyataan dukungan dari berbagai pihak, serta penggalangan dana kemanusiaan. Selanjutnya peserta aksi melaksanakan long march sepanjang jalan Soekarno – Hatta sambil menggalang dana dari masyarakat maupun pengguna jalan.

Walikota menyatakan apresiasinya kepada ACT atas inisiasi kegiatan dukungan kemanusiaan ini. Ia menyatakan, lebih dari 95% penduduk Kota Bima adalah kaum muslim. Dinamika dan isu keagamaan di berbagai belahan dunia, selalu mendapat perhatian besar dari masyarakat Kota Bima. Demikian pula tragedi kemanusiaan yang menimpa kaum muslimin Rohingya di Myanmar.

“Saat umat islam di wilayah lain terluka, umat Islam di Kota Bima juga tentunya merasa terluka. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita berbahagia karena pada hari ini kita berkesempatan untuk bersilaturahim dalam aksi damai, sebagai dukungan untuk saudara-saudara kita etnis Rohingya di Myanmar”, katanya.

Selanjutnya ia menyatakan beberapa sikap Pemerintah daerah Kota Bima terkait tragedi kemanusiaan ini yaitu: (1) mengecam tindakan kejahatan kemanusiaan yang terjadi pada umat muslim Rohingya di Myanmar; (2) mendukung berbagai upaya Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri yang bersikap proaktif dalam upaya penyelesaian tragedi kemanusiaan di Rohingya; (3) mendukung upaya Menteri Luar Negeri yang telah berkomunikasi dengan Pemerintah Myanmar serta membawa permasalahan ini untuk diselesaikan dalam forum ASEAN maupun PBB; serta (5) menyerukan kepada masyarakat untuk tetap menjaga perdamaian dan toleransi antar umat beragama di Indonesia.



“Sesuai dengan keberadaan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamiin, maka aksi yang kita laksanakan hari ini sudah pasti mengedepankan dan menjaga keamanan dan ketertiban. Peserta pawai diharapkan agar tetap tertib dan rapi serta tidak sampai mengganggu kelancaran lalu lintas”, himbau Walikota.


Aksi Cepat Tanggap (ACT) merupakan yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan, berdiri sejak tahun 2005. Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian mengembangkan kegiatannya ke program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.