Header Ads

Tingkatkan Kemampuan Prosedur Hubungan Komandan dengan Staf, Kodim Bima Gelar Latihan Gladi Posko I


Bima, Media NTB - Kodim 1608/Bima selama tiga hari kedepan menggelar latihan Gladi Posko I tahun 2018 di Makodim 1608/Bima tentang penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten/Kota Bima, Selasa (5/6).


Latihan Gladi Posko I yang melibatkan satuan Korem 162/WB beserta satuan jajaran sebagai pendukung dengan sasaran Dandim 1608/Bima beserta seluruh stafnya dalam pelaksanaan penanggulangan bencana alam.


Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka P. menyampaikan kegiatan latihan gladi Posko I ini merupakan program latihan setiap tahun yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan staf dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan operasi Komando pengendalian operasi (Kodalops).


"Latihan gladi Posko I ini merupakan latihan internal dengan asumsi melibatkan seluruh komponen baik Pemda, BPBD, petugas kesehatan dan lainnya yang diperankan oleh seluruh anggota Kodim, namun dalam pelaksanaan yang sebenarnya pada saat terjadi bencana alam ataupun yang lainnya maka akan melibatkan seluruh instansi terkait secara riil dilapangan, dengan harapan bencana alam dapat ditangani dengan baik", jelas Bambang.


Orang nomor satu jajaran Kodim Bima tersebut berharap, kegiatan latihan Posko ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penanganan bencana alam ataupun bencana yang bersifat urgen dalam penanganannya.


Sementara, Kepala pengawasan dan pengendalian (Kawasdal) latihan Mayor Inf Abdul Haris, SH., MH., dilokasi mengucapkan terimakasih atas semangat seluruh personel yang terlibat baik penyelenggara maupun pelaku.


"Walaupun sedang menjalankan ibadah puasa, namun saya melihat antusias dan semangat personel yang terlibat luar biasa", kata Haris.


Menurutnya, kegiatan latihan Posko I ini akan diselenggarakan selama tiga hari kedepan dengan jalan cerita yang disusun kedalam rencana informasi latihan (RIL) yang sudah disiapkan setiap harinya dengan maksud agar kegiatan latihan terkendali.


"Didalam RIL itu sendiri, selain berisikan tentang jalan cerita latihan penanggulangan bencana alam, namun juga berisi tentang tugas pokok setiap hari satuan Kodim seperti kegiatan sehari-hari. Jadi sambungnya, keduanya harus bisa berjalan dengan baik", jelasnya.


Haris berharap, sesuai petunjuk dan arahan Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos., SH., M.Han., agar kegiatan latihan Posko ini dilaksanakan dengan bersungguh-sungguh seolah-olah seperti kejadian yang sebenarnya sehingga nantinya sudah ada gambaran tentang apa yang harus diperbuat bila terjadi bencana alam di wilayahnya", pungkas mantan Kasdim Bima tersebut.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.