Header Ads

40 Pejabat Lingkup Pemkab Bima Ikuti Diklat Penyusunan LKJiP



Bima, Media NTB - Sebanyak 40 peserta yang terdiri dari para kasubag program dan pelaporan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 10 Kecamatan Se- Kabupaten Bima mengikuti Diklat Penyusunan Laporan Kinerja instansi Pemerintah (LKJiP) lingkup Pemerintah Kabupaten Bima.



Diklat ini merupakan kerjasama BKD dan Diklat Kabupaten Bima dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat tanggal 10 - 15 Desember 2018 di hotel Lila Graha Kota Bima.



Kepala Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur (OPA) Setda, Syamsul Bahrain, S.Ip, M.Si, diklat ini menghadirkan "Paket Komplit" yaitu narasumber dari Kedeputian RB di KeMenPAN RB RI, Widiaswara, Kepala Bagian OPA, BAPPEDA dan Inspektorat.



Paket komplit ini dihadirkan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM penyusun dokumen SAKIP (perencanaan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi kinerja) guna capaian target nilai SAKIP Kabupaten Bima yang lebih tinggi lagi". Urainya.



SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.



Karena itu terang Syamsul Bahrain setiap OPD harus mencatat dan melaporkan secara sistematis dokumen Pelaporan serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku". Jelasnya.



Selama 5 hari, peserta dibekali materi yang mencakup good governance, penyusunan Renstra (OPD), Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah, Peningkatan Akuntabilitas Kinerja Kabupaten Bima dan Perencanaan daerah yang berkualitas.



Materi lain yang dipaparkan kepada peserta yaitu Penyusunan Perjanjian Kinerja, Cascading dan Rencana Aksi, Konsep Keselarasan dokumen SAKIP dan tata cara pengumpulan data SAKIP serta Kinerja, indikator, target dan penyusunan laporan SAKIP.



Salah seorang Narasumber, Andi Haris Nasution, S.Ip yang memaparkan materi evaluasi LAKIP Kamis (13/12) mengatakan bahwa Inspektorat bertugas untuk melakukan evaluasi dan review terhadap laporan kinerja instansi pemerintah. Papar Andi Haris.



SAKIP merupakan sebuah siklus dan LKJiP merupakan muara akhir dari rangkaian SAKIP tersebut. "Karena itu masing-masing Kasubag Program dan Pelaporan harus melakukan menilai diri sendiri (self assesment) kualitas SAKIP yang dibuat". Ungkap Inspektur Pembantu Wilayah IV ini.



Sebelumnya, Narasumber dari Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima Raani Wahyuni, ST, MT, M.Sc memaparkan materi dua materi Teknik penyusunan Rencana stratejik (Renstra) OPD dan Perencanaan yang berkualitas.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.