Header Ads

Ummi Rohmi : Sembalun Bisa Jadi Sentra Bawang Putih Nasional



Sembalun, Media NTB - Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mendampingi Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Jend TNI (Purn) Dr. Moeldoko pada kegiatan Penanaman Bawang Putih Varietas Sangga Sembalun pagi ini, Jumat (21/12) di Desa Sembalun Kabupaten Lombok Timur.



Wakil Gubernur yang akrab disapa Ummi Rohmi secara Khusus menyampaikan bahwa sembalun memiliki banyak potensi khususnya di sektor pertanian dan rencananya sedang disiapkan lahan untuk dikembangkan dalam sektor pertanian.



"khusus untuk Sembalun, tadi saya sudah ngobrol dengan Pak Dirjen,  memang disini rencananya akan disiapkan 20.000 hektar. Mudah-mudahan  ke depan, walau sekarang baru sekitar 2.000 hektar," ucap Ummi Rohmi.



Ummi Rohmi menyampaikan, sudah banyak menteri yang sudah hadir sebelumnya di daerah Sembalun. Ini katanya merupakan semangat. Sehingga, Tidak ada istilah lagi sembalun sebagai sentra bawang putih tidak berhasil. “Sembalun jelas Ummi Rohmi harus bisa menjadi sentra bawang putih nasional, bahkan dunia nantinya," tutur Ummu rohmi penuh semangat yang diiringi tepuk tangan hadirin.



Ummi Rohmi juga menjelaskan bahwa bawang putih Sembalun dulu sangat terkenal dan dapat mensejahterakan warga. "jadi dulu bawang sembalun sangat terkenal dan ukuran warga disini ketika sejahtera adalah banyak yang naik haji. Semakin banyak yang naik  haji itu menjadi ukuran kesejahteraan masyarakat kita. Karena ketika punya uang, yang pertama kali ada di benak warga adalah naik haji," jelas Ummi.



Mudah-mudahan apa yang diharapkan dari 160 ribu ton hasil bawang putih nasional, 45 rb ton sudah dihasilkan oleh NTB. “Mudah-mudahan ke depan jauh lebih besar lagi dan di sini memang dihajatkan untuk pembibitan dan mudah-mudahan berhasil dengan baik," lanjut Ummi.



"NTB kini sudah bangkit, sudah berlari dan pertanian menjadi andalan dari masyarakat NTB. Tidak hanya dari pariwisata dan sektor tambang. Semoga Ikhtiar kita dimudahkan oleh Allah SWT," tutup Ummi Rohmi.



Sedangkan Jend TNI (Purn) Dr. Moeldoko S. IP yang hadir sebagai kepala KSP Sekaligus Ketua Umum DPN HKTI Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ini dalam sambutannya memotivasi petani - petani di Sembalun untuk jangan malu bermimpi besar.



"Saya adalah anak dari petani miskin di Kediri. Karena kekuatan hati yang luar biasa, akhirnya bisa menjadi seorang jenderal. Saya sampaikan agar petani jangan berkecil hati. Siapkan anak-anakmu menjadi orang-orang yang hebat di masa depan. Nggak ada yang nggak bisa. Saya tidak pernah bermimpi menjadi jenderal panglima TNI. Di setiap kesempatan saya selalu menyampaikan jaga anak kita jaga kesehatan  gizinya, jaga lingkungan agar tidak terpengaruh hal-hal yang tidak baik," ucap Moeldoko.



"Ayo sama-sama kita bangun Sembalun ini. Tidak ada yang tidak bisa. Petani sangat hebat, orang lain takut kepanasan bagi petani itu hal biasa. Orang lain takut kehujanan, petani itu hal biasa. Nggak ada petani yang takut flu," seloroh Moeldoko sembari diiringi tawa dan tepuk tangan hadirin yang mayoritas petani lokal.



"Saya bayangkan semua menanam serentak hingga 20.000 hektar dan mari, keunggulan Sembalun, kita deklarasikan kembali. Semua pejabat memberi dukungan, wakil gubernur, bupati yang hadir. Kita beri dukungan," ungkap Moeldoko.



Moeldoko juga menyampaikan akan mencoba menahan impor. "Semua negara jumlah penduduknya makin besar, maka kita yang sudah punya lingkungan baik, cuaca baik, tanah baik, air baik, petani semangat. Jangan kita impor terus. Saya marah selaku Ketua HKTI impor-impor terus,” Ungkapnya.



"Kebutuhan bawang putih kita juga masih belum bisa memenuhi, akhirnya kita impor. Garam kita juga masih impor karena produksi garam nasional gak sampi 1 juta ton. Kebutuhan garam Indonesia sekarang lebih 4 juta ton," jelas Moeldoko.



Sesungguhnya  kita bisa petani Indonesia. Mari para petani sekalian kita Kolaborasi dengan berbagai pihak, para peneliti, pemerintah, dan berbagai kalangan. Untuk mewujudkan petani Indonesia yang sejahtera.



Kegiatan ini sendiri diawali dengan penanaman serentak bawang Varietas Sangga Sembalun dan berdasarkan Pantauan Humas Protokol Provinsi NTB turut hadir H. Rumaksi SJ, SH, Ketua DPP HKTI NTB, Dirjen Kementan, Bupati Lombok Timur, Furkopimda Kab. Lombok Timur, Ketua Umum DPD HKTI prov NTB, Sesepuh, tokoh masyarakat, agama dan warga Sembalun.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.