Mahasiswa UMM Melakukan Kegiatan Edukasi, di Desa Oi Tui Wera

Bima, Media NTB - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan Edukasi berupa penyuluhan, Kajian serta pemasangan baliho tentang pentingnya pendidikan anak.


Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 68 Gelombang 18 yang dilaksanakan di Desa Oi tui Kecamatan Wera Kabupaten Bima mengangkat tema ‘pendekatan Emosional kepada warga Desa Oi tui untuk meningkat kesadaran terhadap pentingnya pendidikan Anak’. Tema ini diangkat karena melihat rendahnya tingkat pendidikan bagi anak-anak Desa Oi Tui.


Dengan melihat sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung dalam kegiatan belajar-mengajar yang masih minim, tentu hal tersebut  akan menimbulkan rendahnya minat belajar bagi anak-anak Desa Oi tui. Maka, berangkat dari permasalahan tersebut Mahasiswa UMM kelompok 68 melakukan Edukasi Baik dengan melakukan pendekatan kepada orang tua murid maupun dengan memberikan edukasi secara langsung kepada anak-anak Desa Oi tui.


Berdasarkan permasalahan dan tema yang diangkat, kelompok 68 merealisasikan salah satu program kerjanya yakni pemasangan Baliho serta spanduk terkait Manfaat pendidikan anak serta dampak negatif yang dirasakan anak-anak ketika tidak menempuh pendidikan. Pemasangan Baliho serta Spanduk ini pun dilakukan setelah hari rabu,15 desember 2021 lalu mahasiswa UMM tersebut melakukan pendekatan secara langsung kepada Warga Desa dengan melakukan kegiatan penyuluhan dengan pembagian serta pemasangan poster terkait pendidikan anak sekaligus memberikan sosialisasi edukasi pendidikan anak kepada orang tua murid.


Kegiatan ini kami disambut antusias oleh masyarakat Desa Oi Tui dan jajaran aparatur pemerintah Desa Oi tui, Bapak Farhan S.Pd selaku Sekretaris Desa Oi tui juga menuturkan bahwa beliau mendukung penuh dan siap membantu segala urusan dalam kegiatan kelompok 68 Mahasiswa UMM, sekaligus menjanjikan bantuan berupa anggaran dana untuk pencetakan banner, beliau menjelaskan bahwa program kerja kelompok 68 merupakan salah satu program kerja pemerintah desa sehingga pemerintah Desa Oi tui mendukung penuh segala kegiatan yang bernuansa Edukasi oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.



"Kami selaku pemerintah Desa Oi Tui sangat berterimakasih kepada adik-adik mahasiswa UM Malang yang sudah melakukan kegiatan Edukasi seperti ini, InsyaAllah kami akan mendukung penuh kegiatan seperti ini". Tandasnya.


Bukan hanya itu, mahasiswa UMM tersebut mengadakan berbagai lomba-lomba setelah sebelumnya dilakukan pembinaan dengan membuka lapak edukasi dan kajian yang dihadiri orang tua murid dan anak-anak Desa Oi Tui.


kelompok 68 menyampaikan bahwa diadakannya lomba tersebut untuk mengapresiasi prestasi anak-anak Desa Oi tui. Kelompok 68 juga berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut dapat mengingatkan kepada warga desa tentang penting pendidikan bagi anak, serta mendorong minat belajar bagi anak-anak Desa Oi tui.


"Dengan diadakannya lomba yang kami lakukan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak, mudah-mudahan anak-anak desa Oi Tui dapat mengembangkan potensi-potensi mereka". Jelas M. Yusril Juliansah.(Iphul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.