Pawai Budaya Warnai HUT Kota Bima ke-16


Bima, Media NTB - Pawai budaya dalam rangka memperingati hari jadi Kota Bima ke-16 yang dilaksanakan Dinas  Pariwisata (Dispar) Kota Bima, Kamis (05/04) berlangsung meriah. Ribuan masyarakat berpartisipasi meramaikan pawai budaya dengan mengenakan berbagai busana khas daerah yang ada di Indonesia.


Terlihat pula beberapa masyarakat Kota Bima yang mengenakan rimpu colo, rimpu cili serta pakaian khas daerah bima (baju Bodo, siki lanta, dan sebagainya) menambah khasanah dan kemeriahan pawai budaya. Seluruh paguyuban ikut pula berpartisipasi mewarnai kemeriahan Pawai Budaya diakhir masa jabatan Walikota Bima HM Qurais H Abidin periode 2013 - 2018.


Bagi Pemerintah Kota Bima, perayaan HUT Kota Bima telah menjadi calender Of Event kegiatan Pariwisata di Kota Bima. Kegiatan pawai budaya ini diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyarakat, BUMN/BUMD, sekolah, organisasi kepemudaan, paguyuban dan kelompok kesenian serta budaya daerah yang ada di Kota Bima.


 Pawai yang dimulai dari dua arah yang berbeda yakni dari arah barat dengan start awal di Lapangan Manggemaci dan dari arah timur dengan start awal di lapangan Pahlawan Raba, keduanya berakhir di finish Depan Kantor Walikota Bima.


Adapun total jumlah peserta pawai  sebanyak 241 peserta yang dibagi menjadi 2 (dua) bagian yakni 115 peserta dari lokasi start (timur) dan 126 peserta dari arah barat. Seluruh peserta diterima langsung oleh Walikota Bima M Qurais H Abidin dengan didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Bima, Hj Yani Marlina HM Qurais, hadir pula Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kapolres Bima Kota beserta Istri, Dandim 1608/Bima beserta istri, Anggota Iswara Kota Bima, Plt Sekretaris Daerah Kota Bima, para Asisten Setda Kota Bima dan Staf ahli walikota Bima.


Peserta pawai budaya dari arah Timur diawali oleh drumband Kota Bima disusul oleh barisan Sekretariat Daerah Kota Bima, Sekretariat Dewan, Dharma Wanita Persatuan, dan GOW. Sedangkan dari arah Barat  diawali oleh drumband SMPN 2 Kota Bima disusul barisan ibu-ibu anggota TP PKK Kota Bima, Mar’atus Sholehah, Bank NTB dan anggota Kodim1608/Bima.


Berbagai macam budaya daerah dari masing-masing paguyuban tampil dengan kemasan yang begitu menarik sehingga menghadirkan decak kagum dari Walikota Bima beserta tamu lainnya yang duduk di tribun kehormatan. Terik matahari tidak menyurutkan antusiasme masyarakat  untuk berpartisipasi memeriahkan Hari Jadi Kota Bima ke-16.


Rasa suka cita dan keakraban terlihat dari wajah-wajah para peserta pawai budaya. Tampak pula Walikota Bima bersama anggota FKPD Kota Bima ikut berpartisipasi bersama para peserta pawai yang menampilkan atraksi tari maupun persembahan atraksi lainnya. Rasa sukacita dan sinergi yang begitu indah tercipta mewarnai pawai Budaya di Hari Jadi Kota Bima ke-16 kali ini.


Ribuan masyarakat turun ke jalanan menyaksikan secara langsung rangkaian pawai budaya yang berlangsung meriah dan dipadati peserta. Hampir selama 6 jam barisan para peserta memadati jalan protokol Kota Bima. Berbagai macam keunggulan khas serta kesenian dari para peserta dipersembahkan di hadapan Walikota Bima beserta para tamu kehormatan lainnya, mulai dari atraksi pencak silat, reog ponorogo, tarian khas minang, tarian khas suku sunda Jawa Barat, Jawa Timuran, Madura, Sumatera, NTT dan sebagainya. Terlihat pula Walikota Bima dan beserta istri ikut menari tarian Reog Ponorogo dan tarian khas Jawa Timuran bersama paguyuban dari Jawa Timur. 


Selain keberagaman berbagai etnis masyarakat yang berdomisili di Kota Bima pawai budaya juga dimeriahkan oleh para pelajar di berbagai sekolah juga tampil mengusung berbagai kesenian dan ragam budaya di wilayah tempat belajar. Tak ketinggalan pula Polisi Militer dan ibu-ibu Bhayangkari dan Persit Kartika Candra Kirana mengambil bagian menjadi peserta pawai budaya pagi tadi.


Antusiasme dari seluruh peserta untuk mengambil bagian melestarikan budaya yang ada di Kota Bima menjadi bukti kokohnya persatuan dan kebersamaan seluruh masyarakat Kota Bima untuk membangun Kota Bima yang lebih baik ke depannya.


“Saya bangga dan sangat mengapresiasi seluruh masyarakat yang terlibat dalam mensukseskan pawai budaya ini, terlebih mereka sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan keberagaman budaya yang kita miliki. Inilah momentum kebersaman untuk kita membangun Kota Bima menjadi lebih baik lagi sekaligus persembahan terakhir di masa akhir jabatan saya,” ungkap Walikota.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.