Header Ads

Germas Disosialisasikan di Kabupaten Bima




Bima, Media NTB - Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Bima, Sabtu (14/7) membuka kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di aula SMAN 2 Kota Bima membuka secara resmi kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

H.M..Qurban, SH mengatakan, Gerakan masyarakat hidup sehat   merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat dapat terwujud.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Indikator keberhasilan dalam Gerakan Masyarakat Sehat ini dapat kita lihat dari beberapa aspek yaitu, penurunan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular, baik kematian maupun kecacatan.

Penurunan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit, serta  menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan  menghindari peningkatan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan.

Keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat ini sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat. Masyarakat perlu digerakkan untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan semua fokus kegiatan tersebut dan dapat melaksanakan dalam kegiatan sehari-hari.

Kabid Promkes Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, M. Farid, M.Ph dalam pengantarnya bahwa Sosialisasi germas ini bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar melakukan pola hidup sehat kepada seluruh elemen masyarakat.

Pola hidup sehat yang dimaksud berfokus pada tiga kegiatan utama yaitu Melakukan aktivitas fisik secara rutin minimal 30 menit setiap hari, Konsumsi sayur dan buah setiap hari dan memeriksa kesehatan secara rutin.

Sasaran yang ingin dicapai dalam sosialisasi ini yaitu dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalaui upaya kesehatan dan derajat pemberdayaan  masyarakat untuk didukung dengan perlindungan financial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Imbuhnya.(M)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.